INTERFERENSI BAHASA DALAM MAHARAH KALAM: STUDI ANALISIS PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-KAMAL KEBUMEN (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK


Esthiningtyas Sheilla Purwandari, 2303417036 (2021) INTERFERENSI BAHASA DALAM MAHARAH KALAM: STUDI ANALISIS PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-KAMAL KEBUMEN (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi Bahasa Indonesia_Esthiningtyas Sheilla Purwandari - Sheilla Tyas.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berbicara adalah keterampilan yang terpenting dalam berbahasa, hal ini dikarenakan berbicara adalah bagian dari keterampilan yang juga dipelajari oleh pelajar, sehingga keterampilan berbicara dianggap bagian yang sangat mendasar dalam mempelajari bahasa asing. Ada beberapa unsur yang mempengaruhi santri untuk menguasai kemahiran ini, diantaranya kemampuan guru atau pengurus, latar belakang santri, metode pengajaran, dan media pengajaran. Semua itu harus menjadi perhatian serius sehingga tujuan dari pembelajaran dan pengajaran bahasa Arab dapat tercapai. Latar belakang para santri Pondok Pesantren Al-Kamal merupakan hal yang sangat dominan dalam mempengaruhi pembelajaran kalam. Kesalahan yang biasanya terjadi dalam pembelajaran kemahiran kalam adalah adanya perbedaan karakter bahasa Arab dan bahasa ibu. Dalam berbicara menggunakan bahasa Arab, biasanya santri terinterferensi dengan bahasa ibunya, padahal pola yang ada dalam bahasa Arab dan bahasa ibu santri tersebut berbeda. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah bentuk interferensi fonologi dan interferensi gramatikal dalam maharah kalam pada santri Pondok Pesantren Al-Kamal Kebumen (2) Apa penyebab terjadinya interferensi dalam maharah kalam pada santri Pondok Pesantren Al-Kamal Kebumen (3) Bagaimanakah solusi untuk mengurangi terjadinya interferensi fonologi dan interferensi gramatikal dalam maharah kalam pada santri Pondok Pesantren Al-Kamal Kebumen Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif dan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan sosiolinguistik. Data dari penelitian ini adalah kata-kata verbal yang dituturkan oleh santri Pondok Pesantren Al-Kamal secara lisan. Data yang telah didapat diteliti dengan langkah-langkah pengumpulan data dan pengecekan, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan berikut: (1)pada tuturan santri Pondok Pesantren Al-Kamal ditemukan 92 data peristiwa interferensi fonologi dan interferensi gramatikal. Dari 92 data tersebut, 15 data diantaranya termasuk dalam interferensi fonologi dan 77 data termasuk dalam interferensi gramatikal, (2) penyebab terjadinya interferensi fonologi dan gramatikal dalam maharah kalam pada santri Pondok Pesantren Al-Kamal disebabkan karena faktor internal yang bersumber dari santri, (3) solusi untuk mengurangi terjadinya interferensi fonologi dan interferensi gramatikal, yaitu pengajar atau pengurus membuat program kegiatan yang lebih menekankan pada penerapan unsur fonologi dan unsur gramatikal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Interferensi Bahasa Arab, Maharah Kalam, dan Kajian Sosiolinguistik
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:33
Last Modified: 18 Jul 2022 03:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50325

Actions (login required)

View Item View Item