MINDFULNESS PADA IBU DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS


Widya Maryana, 1511416081 (2021) MINDFULNESS PADA IBU DENGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Naskah Skripsi-Widya M.-converted - Widya Maryana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Didalam sebuah keluarga, ibu adalah sosok yang memiliki peran yang sangat besar dan penting dalam proses tumbuh kembang anak. Terlebih lagi pada orangtua yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus. Hal ini memunculkan pertanyaan bagaimana ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus mampu menyeimbangkan antara mengurus anak dan pekerjaan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang gambaran mindfulness pada ibu dengan anak berkebutuhan khusus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Sumber data dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara. Pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi waktu dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa kedua narasumber dalam penelitian ini mampu mencapai keadaan mindfulness dengan keunikannya masing-masing. Mindfulness yang dicapai oleh kedua narasumber meliputi beberapa aspek seperti membagi aktivitas sehari-hari sesuai porsi dan kebutuhan, mampu menceritakan pengalaman pada orang terdekat (keterbukaan), kebersyukuran dan memberikan coping stress yang sesuai. Selain itu masingmasing narasumber memliki tema khusus atau hal yang membedakan antara kondisi mindful Ibu N dengan Ibu S antara lain yaitu memberi perhatian pada hal yang sedang dilakukan, kondisi anak saat ini, merasa berharga atas diri sendiri, dapat berpikir fokus, hubungan keluarga yang harmonis dan semangat dalam bekerja. Kondisi ini membuat kedua narasumber mampu menikmati hidupnya saat ini dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk dirinya sendiri maupun keluarga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mindfulness pada Ibu dengan Anak Berkebutuhan Khusus. Skripsi. Jurusan Psikologi. Universitas Negeri Semarang
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:18
Last Modified: 18 Jul 2022 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50308

Actions (login required)

View Item View Item