PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB BERBASIS KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA DI KOTA SEMARANG


Lusi Sri Rahayu, 2303417031 (2021) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB BERBASIS KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 2303417031 - Lusi Sri Rahayu.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan sikap siswa kelas X SMA/MA yang masih menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar yang baru dan tidak banyak siswa yang sudah mempelajari bahasa Arab sehingga siswa mengalami kesulitan belajar terutama pada pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Arab. Hal tersebut menyebabkan beberapa siswa kurang memiliki rasa tanggungjawab pada materi pembelajaran, sehingga siswa tidak memperhatikan penjelasan guru. Oleh karena itu, pengembangan metode pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw untuk siswa kelas X SMA/MA sangat dibutuhkan agar siswa dapat memiliki rasa tanggungjawab terhadap pembelajarannya sendiri dan juga orang lain, sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap metode kooperatif tipe jigsaw untuk pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Arab kelas X SMA/MA, (2) bagaimana purwarupa metode kooperatif tipe jigsaw untuk pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Arab kelas X SMA/MA, (3) bagaimana validasi ahli dan guru serta revisi desain terhadap purwarupa metode kooperatif tipe jigsaw untuk pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Arab kelas X SMA/MA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai tahap empat dari lima tahapan penelitian, yaitu tahap analysis, design, develop, dan evaluate. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan metode kooperatif tipe jigsaw untuk keterampilan menyimak bahasa Arab kelas X SMA/MA. Kedua, purwarupa metode ini memuat latar belakang, asumsi, karakteristik metode, KI, KD dan indikator keterampilan menyimak bahasa Arab kelas X SMA/MA semester ganjil, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi dan kriteria penilaian. Ketiga, penilaian pada aspek kelayakan penyajian memperoleh nilai 44,5, aspek kelayakan audio memperoleh nilai 12,75, dan aspek kelayakan metode memperoleh nilai 30,75. Nilai keseluruhan aspek metode pembelajaran ini adalah 88 dengan kategori sangat layak, sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Arab kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Jigsaw, Keterampilan Menyimak, Bahasa Arab.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:25
Last Modified: 15 Jul 2022 07:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50302

Actions (login required)

View Item View Item