PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR DAN PENANAMAN DISIPLIN ANAK USIA DINI SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DESA JUMO KECAMATAN JUMO KABUPATEN TEMANGGUNG


Anindita Asmaningrum, 1201417023 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR DAN PENANAMAN DISIPLIN ANAK USIA DINI SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DESA JUMO KECAMATAN JUMO KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417023 - Anindita Asmaningrum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran anak usia dini di Desa Jumo Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung dilaksanakan sesuai kebijakan belajar dari rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan home visit dan penugasan. Pelaksanaan pembelajaran tersebut mempengaruhi kebiasaan. Orang tua yang mempunyai anak usia dini harus menggantikan peran pendidik PAUD untuk mendampingi belajar dan menanamkan disiplin kepada anak dalam kegiatan belajar dari rumah selama Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran orang tua sebagai pendidik dalam pendampingan belajar dan penanaman disiplin selama Pandemi Covid-19. Fokus dari penelitian ini ialah (1) peran orang tua dalam pendampingan belajar; (2) upaya orang tua dalam menanamkan disiplin; (3) kendala yang dialami orang tua dalam melaksanakan pendampingan belajar dan penanaman disiplin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah enam orang tua di Desa Jumo yang memiliki anak usia 5-6 tahun. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman yang diawali dengan pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) orang tua berperan sebagai pembimbing dengan mendampingi dan membimbing kegiatan belajar anak, informator dengan memberikan informasi mengenai covid-19 dan berkomunikasi dengan guru, organisator dengan mengajak anak berdiskusi dan tawar menawar, inisiator dengan melakukan variasi kegiatan anak, fasilitator untuk menyiapkan alat tulis, motivator dengan mendorong anak agar tetap mau belajar, korektor dengan memberikan arahan tentang perilaku disiplin, dan inspirator menjadi panutan yang baik bagi anak; (2) upaya orang tua menanamkan disiplin dengan memberikan contoh, menerapkan peraturan, dan memberikan hadiah dan hukuman dalam hal disiplin bangun pagi, beribadah, belajar, dan penggunaan gawai; (3) kendala dalam penanaman disiplin yakni kesibukan dan perbedaan pemahaman dengan kakek atau nenek, serta kendala dalam pendampingan kegiatan belajar anak ialah kesulitan membagi waktu dan suasana hati yang tidak menentu sehingga minat belajar anak sulit dikembangkan. Simpulan dari penelitian ini yakni orang tua di Desa Jumo Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung melakukan pendampingan belajar dan penanaman disiplin dalam kegiatan belajar anak dari rumah dengan cukup baik meskipun beberapa peran belum dilaksanakan dengan maksimal dan terdapat beberapa hal yang menjadi kendala bagi orang tua dalam mendampingi dan menanamkan disiplin bagi anak usia dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peran orang tua, pendidikan karakter, anak usia dini, pendidikan masa Pandemi Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Community
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:04
Last Modified: 15 Jul 2022 06:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50300

Actions (login required)

View Item View Item