PENGARUH KUALITAS LITERASI INFORMASI TERHADAP PENGGUNAAN ELECTRONIC INFORMATION RESOURCESS PADA MAHASISWA UNNES ANGKATAN 2018-2020


Budi Nurdiyanto, 1102416012 (2021) PENGARUH KUALITAS LITERASI INFORMASI TERHADAP PENGGUNAAN ELECTRONIC INFORMATION RESOURCESS PADA MAHASISWA UNNES ANGKATAN 2018-2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Full Draft Skripsi - Budi Nurdiyanto - Budi UNNES.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya penggunaan electronic information resources (EIRs) namun diiringi dengan tingkat literasi informasi yang cukup tinggi. Hal tersebut menunjukan kesenjangan antara teori dengan fakta. Mengingat idealnya, apabila tingkat kualitas literasi informasi tinggi maka penggunaan EIRs tinggi, juga berlaku sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini yakni : (1) mendapatkan informasi tingkat penggunaan electronic information resources (EIRs), (2) mendapatkan informasi tingkat kualitas literasi informasi , (3) mendapatkan informasi pengaruh kualitas literasi informasi terhadap penggunaan electronic information resources (EIRs) pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) angkatan masuk 2018-2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif berdesain korelasional. Sampel penelitian sebanyak 342 mahasiswa dari 22.240 jumlah populasi yang ditentukan melalui metode simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner penggunaan electronic information resources (EIRs) dan kuesioner kualitas literasi informasi menggunakan big6 model. Validitas instrument dianalisis dengan rumus product moment, sedangkan untuk reliabilitas instrument diujikan menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif dan teknik regresi sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukan mahasiswa UNNES angkatan 2018-2020 memiliki tingkat penggunaan EIRs yang tinggi (M=3,96), tingkat kualitas literasi informasi tinggi (M=3,79). Hasil analisis regresi sederhana pengaruh kualitas literasi informasi terhadap penggunaan EIRs signifikan dengan nilai (β = 0,611 ; t = 14,222; p = 0,000) yang menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan dan korelasi bersifat positif antar kedua variabel. Sementara nilai R2 = 0,373 yang berarti pengaruh variabel literasi informasi terhadap penggunaan EIRs sebesar 37,3% Berdasarkan hasil penelitian diharpakan kondisi tersebut mampu dipertahankan oleh perguruan tinggi dalam menyisipkan aspek literasi informasi dan pengenalan penggunaan EIRs dalam kurikulum pengenalan orientasi mahasiswa baru setiap tahunya, serta mengoptimalkan muatan mata kuliah literasi digital dan kemanusiaan secara komperhensif dalam mengenalkan penggunaan EIRs untuk keperluan akademik di perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Informasi, Penggunaan EIRs.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:11
Last Modified: 15 Jul 2022 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50289

Actions (login required)

View Item View Item