PENGARUH PEMBERDAYAAN KARYAWAN, KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI PADA KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN BLU UPTD TRANS SEMARANG


Fauziah Afifi, 7311416095 (2021) PENGARUH PEMBERDAYAAN KARYAWAN, KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI PADA KOMITMEN ORGANISASIONAL KARYAWAN BLU UPTD TRANS SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311416095 - Fauziah Afifi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Komitmen organisasional merupakan suatu konsep dasar yang menggambarkan hubungan karyawan dengan organisasi. Tujuan perusahaan akan tercapai dengan mudah ketika karyawan memiliki komitmen terhadap organisasinya, sehingga perusahaan perlu memahami faktor-faktor mana yang dapat mempertahankan komitmen bahkan meningkatkan komitmen organisasional. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan komitmen organisasional adalah pemberdayaaan karyawan, kualitas kehidupan organisasi dan budaya organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh pemberdayaan karyawan, kualitas kehidupan kerja dan budaya organisasi pada komitmen organisasinal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan BLU UPTD Trans Semarang yang berjumlah 1075 karyawan dan diperoleh sampel 91 karyawan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Metode analisis data pada penelitian ini meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Alat analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan karyawan berpengaruh positif dan signifikan pada komitmen organisasioal, kualitas kehidupan kerja berpengaruh positif dan signifikan pada komitmen organisasional, budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan pada komitmen organisasional. Dapat dibuktikan pada hasil analisis regresi linear berganda bahwa seluruh nilai signifikansi < 0,05. Artinya seluruh hipotesis diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah pemberdayaan karyawan, kualitas kehidupan kerja dan budaya organisasi dapat meningkatkan komitmen organisasional pada karyawan BLU UPTD Trans Semarang. Saran pada penelitian ini yaitu perusahaan perlu memberikan karyawan kebebasan atau kendali yang tinggi dalam pekerjaan, memperhatikan hak-hak karyawan termasuk tingkat beban kerja serta memberi kesempatan untuk terlibat dalam proses pengambilan keputusan agar komitmen karyawan pada organisasi meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaa Karyawan, Kualitas Kehidupan Kerja, Budaya Organisasi, Komitmen Organisasional.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:44
Last Modified: 15 Jul 2022 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50283

Actions (login required)

View Item View Item