PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI PROYONANGGAN 05 BATANG


Syifa Maulana Alghoni, 1401416287 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI PROYONANGGAN 05 BATANG. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 1401416287 - Syifa Maulana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Boneka tangan adalah media atau alat bantu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Berdasarkan hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan guru kelas IV, diketahui perma�salahan pada keterampilan berbicara siswa masih rendah dikarenakan guru belum banyak memberikan kesempatan untuk siswa mengungkapkan ide, pikiran, gagasan, atau perasaan melalui komunikasi lisan sehingga keterampilan berbicara siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Media pembelajaran yang digunakan masih belum layak dan efektif untuk digunakan dalam pembe�lajaran, sehingga siswa cepat merasa jenuh dan bosan mengikuti pembelajaran. Hal ini juga dikarenakan belum adanya media yang menarik dan berupaya melatih keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan pendekatan penelitian yaitu pendekatan kuantitatif. Penelitian ini meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian produk. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis data awal dengan Uji Normalitas, serta analisis data akhir dengan uji paired sample t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) media boneka tangan dinyatakan sangat layak digunakan dengan penilaian kelayakan media sebesar 91,25% dan kelayakan isi materi sebesar 85%; (2) pengujian hipotesis statistik dengan rumus paired sample t-test menunjukkan thitung (9,219) > ttabel (2,447) maka Ha diterima, artinya terdapat peningkatan hasil keterampilan berbicara dengan menggunakan media boneka tangan; (3) hasil uji coba skala kecil memperoleh rata-rata nilai pada tes awal 57,29 dan meningkat setelah tes akhir menjadi 75. Jika dilihat dari uji peningkatan rata-rata didapat nilai 0,414 dengan kriteria sedang. Simpulan dalam penelitian ini yaitu media boneka tangan sangat layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran keterampilan berbicara. Keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan setelah penggunaan boneka tangan dalam pembelajaran. Saran penelitian selanjutnya yaitu pengembangan media boneka tangan dapat disesuaikan dengan materi belajar siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media boneka tangan, keterampilan berbicara
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:05
Last Modified: 15 Jul 2022 07:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50282

Actions (login required)

View Item View Item