PENANAMAN NILAI-NILAI KEJAYAAN MASA LALU MARITIM INDONESIA DALAM MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 1 WELERI KABUPATEN KENDAL


Henny Wahyu Wibowo, 3101417059 (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI KEJAYAAN MASA LALU MARITIM INDONESIA DALAM MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS X SMA NEGERI 1 WELERI KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101417059 - Henny Wahyu Wibowo.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sektor Maritim menjadi salah satu faktor yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, oleh karena itu menjadi penting memasukkannya ke dalam materi pembelajaran Sejarah Indonesia. Atas dasar hal tersebut, penanaman nilai-nilai kejayaan masa lalu maritim Indonesia perlu dilakukan. Salah satunya adalah melalui pembelajaran sejarah. Hal ini akan membuat peserta didik mampu untuk memahami lebih awal tentang bagaimana nilai kemaritiman dan mengimplementasikan nya di dalam maupun luar pembelajaran Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pemahaman awal siswa kelas X SMA N 1 Weleri Kabupaten Kendal terhadap nilai-nilai kejayaan Maritim Indonesia dalam materi pembelajaran Sejarah Indonesia di sekolah, menganalisis upaya yang dilakukan untuk memberikan pemahaman Kelas X SMA N 1 Weleri Kabupaten Kendal terhadap Nilai-nilai kejayaan Maritim Indonesia dalam materi pembelajaran Sejarah Indonesia di sekolah dan menganalisis respon siswa kelas X SMA N 1 Weleri Kabupaten Kendal terhadap Nilai-nilai kejayaan Maritim Indonesia dalam materi pembelajaran Sejarah Indonesia di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Uji Validitas menggunakan Uji Kredibilitas, Uji Transferability, Uji Dependability, Uji Konfirmability. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman awal peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Weleri mengenai nilai-nilai kemaritiman dikatakan sudah baik Upaya yang dilakukan oleh pendidik dalam menanamkan nilai-nilai kemaritiman melalui pembelajaran sejarah kepada peserta didik masih belum maksimal dan Respon peserta didik mengenai penanaman yang dilakukan oleh pendidik melalui pembelajaran sejarah mulai menampakkan hasil. Saran untuk Guru untuk lebih aktif dan kreatif memberikan pemahaman kepada peserta didik melalui pembelajaran sejarah, metode yang selama ini digunakan alangkah baiknya disesuaikan dengan kondisi pembelajaran. Implementasi yang dilakukan untuk menguji nilai karakter peserta didik, tidak hanya melalui pelatihan kewirausahaan, namun juga meliputi aspek lain. Pendidik juga harus lebih berani untuk menanamkan softskills kepada peserta didik, tidak terpaku dengan panduan yang berlaku dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Maritim, Pembelajaran Sejarah
Subjects: D History General and Old World > Historical Studies
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:55
Last Modified: 14 Jul 2022 07:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50256

Actions (login required)

View Item View Item