ANALISIS RAGAM BAHASA JEPANG PADA ANAK USIA DINI


Laras Trisnanti, 2302416023 (2020) ANALISIS RAGAM BAHASA JEPANG PADA ANAK USIA DINI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302416023_SKRIPSI - raras trsnt.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Di Jepang anak-anak sering berkomunikasi menggunakan bahasa yang tidak baku dan jarang digunakan oleh orang dewasa. Sering kali ditemui anak-anak menggunakan istilah-istilah yang berbeda dalam menyebutkan suatu kosakata. Selain itu mereka juga menggunakan cara pelafalan kosakata yang berbeda dengan cara pelafalan pada orang dewasa. Penggunaan istilah tidak baku yang mereka gunakan tersebut, seringkali menimbulkan kesulitan dan kesalahpahaman dalam memahami makna bahasa, baik bagi para penutur maupun pembelajar Bahasa Jepang. Dengan adanya latar belakang masalah tersebut, maka penulis melakukan penelitian terhadap keragaman Bahasa Jepang pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dan padanan bahasa baku dari bahasa yang digunakan oleh anak usia dini, serta untuk mengetahui mengapa mereka menggunakan istilah kebahasaan yang berbeda untuk menyebutkan suatu kosakata atau istilah tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah video acara Hajimete No Otsukai serta data kepustakaan dari penelitian terdahulu, yang berkaitan dengan kebahasaan pada anak usia dini. Berdasarkan hasil analisa dari data-data yang dikumpulkan, dapat disimpulkan bahwa anak usia dini memiliki keunikan dan kekhasan dalam berbahasa, sehingga seringkali memiliki istilah yang berbeda dalam berkomunikasi. Mereka mengalami kesulitan dalam mengucapkan kosakata, akibatnya kata-kata yang diucapkan terdengar kurang jelas. Mereka juga mempelajari bahasa lewat apa yang didengar, dilihat, maupun dirasakan dalam pengalaman penemuannya sendiri, sehingga lingkungan juga berpengaruh dalam proses pembelajaran bahasa pada anak usia dini. Mereka cenderung menggunakan sufiks dan sapaan yang khas dan berbeda dengan yang digunakan pada orang dewasa, begitupun ketika orang dewasa berbicara kepada anak-anak, akan cenderung mengikuti gaya bahasa yang mereka gunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jepang, anak usia dini, bahasa anak.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:03
Last Modified: 14 Jul 2022 07:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50247

Actions (login required)

View Item View Item