PENGARUH MINAT MENONTON ANIME JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR CHOUKAI ENSHU MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG


Rahaditya Dwi Arga Cahyoto, 2302415054 (2021) PENGARUH MINAT MENONTON ANIME JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR CHOUKAI ENSHU MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302415054_Skripsi Rahaditya Dwi - RDAC.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tentang pengaruh minat menonton anime terhadap hasil choukai enshu. Dalam studi pendahuluan yang dilakukan dengan menyebarkan angket semi-terbuka ditemukan bahwa mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang Angkatan 2015 dan 2016 memiliki minat menonton terhadap anime Jepang dan hasil belajar choukai enshu yang bervariasi. Berdasarkan studi pendahuluan tersebut penulis menemukan rumusan masalah yaitu mencari pengaruh minat menonton anime Jepang terhadap hasil choukai enshu. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh minat menonton anime jepang terhadap hasil choukai enshu pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang Angkatan 2015 dan 2016. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket semi-terbuka dan dokumentasi hasil belajar choukai enshu. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2015 dan 2016 yang berjumlah sebanyak 40 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment. Setelah dilakukan analisis data, diketahui bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara minat menonton Anime Jepang terhadap hasil choukai enshu dengan hasil 0,416 > 0,312 untuk taraf kesalahan 5%, namun pengaruh minat menonton Anime Jepang terhadap hasil choukai enshu mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES angkatan 2015 dan 2016 sebesar 17,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa korelasi antara minat menonton Anime Jepang dan hasil choukai enshu memang cukup kuat akantetapi hasil dari pengaruh minat menonton Anime Jepang terhadap hasil choukai enshu terbilang kecil sehingga menonton Anime Jepang tidak dapat menjadi media belajar yang utama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Minat, Anime, Choukai Enshu
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 14 Jul 2022 06:49
Last Modified: 14 Jul 2022 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50246

Actions (login required)

View Item View Item