NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL FBI VS CIA KARYA SHANDY TAN DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA


Rifda Arum Adhi Pangesti, 2101417093 (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL FBI VS CIA KARYA SHANDY TAN DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101417093_RIFDA ARUM ADHI P_SKRIPSI - Rifda Arum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia, terdapat berbagai genre karya sastra yang dapat dikonsumsi oleh peserta didik. Karya sastra memiliki fungsi didaktis, yakni mendidik pembaca melalui nilai-nilai kehidupan yang terdapat di dalam karya sastra tersebut. Nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra dapat membentuk sikap dan karakter pembaca. Pendidikan karakter dapat dibangun tidak hanya dari media elektronik saja, tetapi juga dari media cetak seperti karya sastra. Pada masa sekarang, banyak dijumpai novel yang beredar di pasaran tetapi belum tentu novel tersebut layak untuk dijadikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sastra di sekolah. Kompetensi Dasar yang berkaitan dengan apresiasi sastra merupakan salah satu tuntutan yang harus dibelajarkan kepada peserta didik jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel FBI vs CIA karya Shandy Tan dan untuk memaparkan kelayakan nilai pendidikan karakter dalam novel FBI vs CIA karya Shandy Tan sebagai bahan ajar bagi siswa SMA ditinjau dari nilai-nilai pendidikan karakternya. Penelitian ini, menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sementara itu, peneliti juga menggunakan pendekatan pragmatik. Instrumen dalam penelitian ini peneliti sendiri atau human instrument. Peneliti juga menggunakan sebuah kartu data untuk mencatat penggalan-penggalan dari novel FBI vs CIA karya Shandy Tan yang diasumsi memuat nilai-nilai pendidikan karakter. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, menggunakan teknik hermeneutik. Data yang telah terkumpul tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan teknik heuristik. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis terhadap novel teenlit berjudul FBI vs CIA karya Shandy Tan, sebagaimana telah disajikan dalam bab IV, dapat disimpulkan sesuai dengan adanya rumusan masalah dan tujuan penelitiannya, yaitu sebagai berikut: (1) Novel teenlit berjudul FBI vs CIA karya Shandy Tan memuat lima nilai-nilai pendidikan karakter, meliputi nilai religius, nilai nasionalisme, nilai mandiri, nilai gotong royong, dan nilai integritas; dan (2) Adanya nilai-nilai pendidikan karakter yang termuat dalam novel teenlit berjudul FBI vs CIA karya Shandy Tan ini sepenuhnya layak untuk dapat diterapkan dalam pembelajaran apresiasi sastra bagi peserta didik jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut telah dianalisis berdasarkan kriteria pemilihan bahan ajar nilai-nilai pendidikan karakter yang diadaptasi dari adanya kriteria pemilihan bahan ajar sastra, meliputi aspek psikologi dan aspek latar belakang budaya. viii Saran penelitian ini meliputi beberapa hal, yakni sebagai berikut: (1) Bagi pendidik mata pelajaran Bahasa Indonesia, penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber pengetahuan guna menjadikan pedoman dalam memilih karya sastra untuk kegiatan pembelajaran apresiasi sastra; dan (2) Bagi peserta didik dan masyarakat umum, nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel teenlit berjudul FBI vs CIA karya Shandy Tan apabila dipraktikkan secara nyata di kehidupan sehari-hari, supaya dapat membentuk karakter yang baik dan berguna bagi peradaban manusia di Indonesia, sebagai bentuk kemajuan generasi muda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai pendidikan karakter, novel teenlit, novel FBI vs CIA, bahan ajar sastra SMA
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 14 Jul 2022 04:38
Last Modified: 14 Jul 2022 04:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50242

Actions (login required)

View Item View Item