PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD SE-GUGUS MELATI 2 KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG


Anggun Fadilah, 1401416059 (2021) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD SE-GUGUS MELATI 2 KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416059 - anggun fadilah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh setelah melalui proses belajar, hasil belajar yang diteliti di dalam penelitian ini merupakan hasil belajar matematika. Ada beberapa faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar. Faktorfaktor yang memengaruhi hasil belajar tersebut berasal dari dalam diri atau faktor internal serta faktor dari luar diri atau faktor eksternal. Peneliti melakukan penelitian ini dengan maksud agar mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara keterampilan mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V sekolah dasar Se Gugus Melati 2 Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sekolah dasar Se Gugus Melati 2 Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Sampel penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling jenis sampel yaitu Stratified Random Sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik kuesioner/angket, dokumentasi, dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripstif dan uji hipotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis non parametrik yaitu uji Kendall’s tau dan Uji Kendall’s W. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar terhadap hasil belajar dengan pengaruh sebesar 0,569; (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan sumbangan pengaruh sebesar 0,423; (3) terdapat pengaruh keterampilan mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan sumbangan pengaruh sebesar 4,2 %. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan mengajar dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Se Gugus melati 2 Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa motivasi belajar siswa memiliki perbedaan satu sama lain dan tentu saja peran berbagai pihak sangat membantu dalam rangka memotivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Keterampilan Mengajar, Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:24
Last Modified: 14 Jul 2022 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50240

Actions (login required)

View Item View Item