Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Membubut CNC Poros Berulir Menggunakan Media Mastercam X3


Andi Nugroho, - and Muhammad Khumaedi, FT P Teknik Mesin (2014) Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Membubut CNC Poros Berulir Menggunakan Media Mastercam X3. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 14 (2). pp. 7-12. ISSN 1412- 1247

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Kompetensi Membubut CNC Poros Berulir Menggunakan Media Mastercam X3.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan penggunaan media mastercam X3 video tutorial. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest and posttest group. Populasi penelitian semua mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Sampel penelitian mahasiswa prodi Pendidikan Teknik Mesin S1, teknik sampling yang dipakai propotional sampel random. Hasil penelitian menunjukan pada post test t hitung adalah 3,59 lebih besar dari t tabel yaitu 1,69. Karena t hitung berada pada daerah penerimaan Ha, maka kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Ketuntasan belajar kelompok eksperimen terdapat 16 peserta didik (88.88%) dan kelompok kontrol hanya 9 peserta didik (50,00%). Kelompok eksperimen mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 48,99%, sedangkan kelompok kontrol hanya 30,86%. Rata-rata hasil belajar sebelum dilakukan perlakuan kedua kelompok relatif sama dan tergolong rendah. Rata-rata hasil belajar pre-test kelompok eksperimen hanya 54,44 dan kelompok kontrol 55,8

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, kompetensi membubut CNC poros berulir, media Mastercam X3
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > interpersonal competence
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:43
Last Modified: 13 Jul 2022 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50206

Actions (login required)

View Item View Item