Evaluasi Program Pengabdian Bimtek Penyusunan Tes Online bagi Guru SD di Banyubiru


Supriyadi, - and Roudloh Muna Lia, - and Ani Rusilowati, - and Wiwi Isnaeni, - and Muhammad Khumaedi, FT P Teknik Mesin and Suraji, - (2021) Evaluasi Program Pengabdian Bimtek Penyusunan Tes Online bagi Guru SD di Banyubiru. Journal of Community Empowerment, 1 (1). ISSN 2798-5997

[thumbnail of Evaluasi Program Pengabdian Bimtek Penyusunan Tes Online bagi Guru SD di Banyubiru.pdf] PDF - Published Version
Download (434kB)

Abstract

Kegiatan Bimtek penyusunan soal online dibutuhkan karena guru tidak bisa melaksanakan penilaian kompetensi siswa secara langsung pada musim pandemi Covid 19. Guru dituntut harus dapat menyusun tes secara online agar mendapatkan data kemajuan belajar siswa. Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pada level proses dan produk dengan menggunakan model Context, Input, Process, dan Product (CIPP). Metode ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode desktiptif. Pengabdian ini ditujukan pada guru-guru SD Kecamatan Banyubiru. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pengabdian pada masyarakat menunjukkan, sebesar 76% bimtek yang diselenggarakan mendukung tugas, yaitu. Namun, terdapat komponen yang masih kurang yaitu pada bagian sarana prasarana. Hasil angket yang memberikan skala 5 hanya 24%, dan komponen fasilitas yang memberikan skala 5 hanya 48%. Produk yang dihasilkan adalah terbentuknya bank soal berbasis online menggunakan platform google form.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program Pengabdian; CIPP; Bimtek; Tes Online
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:20
Last Modified: 13 Jul 2022 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50199

Actions (login required)

View Item View Item