Penggunaan Lembar Kerja Siswa Yang Dilengkapi Media Benda Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Pemeriksaan Cacat Pengelasan Siswa Smk 1 Karangdadap


Adi Pramono, - and Muhammad Khumaedi, FT P Teknik Mesin (2018) Penggunaan Lembar Kerja Siswa Yang Dilengkapi Media Benda Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Pemeriksaan Cacat Pengelasan Siswa Smk 1 Karangdadap. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 18 (1). pp. 1-5. ISSN 1412- 1247

[thumbnail of Penggunaan Lembar Kerja Siswa Yang Dilengkapi Media Benda Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Pemeriksaan Cacat Pengelasan Siswa.pdf] PDF - Published Version
Download (590kB)

Abstract

Penggunaan Media pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah lembar kerja siswa (LKS). Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI TP 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas XI TP 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar yang menggunakan media Lembar Kerja Siswa (LKS) dilengkapi media benda dibandingkan dengan pembelajaran ceramah pada siswa SMK 1 Karangdadap. Besarnya peningkatan hasil belajar sebesar 68,28% dengan kriteria tinggi, sedangkan yang menggunakan pembelajaran ceramah sebesar 19,34% dengan kriteria sangat rendah. Penelitian ini membuktikan bahwa dengan media Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dilengkapi media benda dapat menghasilkan nilai yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ceramah, maka dapat dijadikan alternatif oleh pendidik dalam proses pembelajaran khususnya kompetensi pemeriksaan cacat pengelasan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dilengkapi media benda, Hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 13 Jul 2022 00:46
Last Modified: 13 Jul 2022 00:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50188

Actions (login required)

View Item View Item