PERAN BEBAN PAJAK MEMODERASI FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR INDONESIA


Alfan Budiarto, 7211417203 (2021) PERAN BEBAN PAJAK MEMODERASI FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211417203 - AL-FAN.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Transfer Pricing ialah menetapkan harga antar afiliasi dalam suatu perusahaan yang memiliki hubungan istimewa. Penelitian ini memiliki maksud untuk uji dan analisis teori dari hubungan aset tak berwujud, debt covenant, dan mekanisme bonus terhadap keputusan perusahaan melakukan transfer pricing dengan menggunakan variabel moderating beban pajak. Populasi pada penelitian ini sebanyak 128 perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) sepanjang tahun 2017-2019. Didapatkan 61 unit analisis akhir dengan menggunakan metode purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel, Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif serta analisis statistik inferensial dimana memakai uji nilai selisih mutlak untuk menguji analisis moderasi dengan diolah IBM SPSS Ver.21. Hasil dari penelitian menunjukkan aset tak berwujud dan mekanisme bonus tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan transfer pricing, sedangkan debt covenant memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap transfer pricing. Beban pajak tidak dapat memoderasi aset tak berwujud, akan tetapi beban pajak dapat memoderasi debt covenant secara positif dan memoderasi mekanisme bonus secara negatif. Simpulan dari penelitian ini aset tak berwujud dan mekanisme bonus tidak berpengaruh terhadap transfer pricing, sedangkan debt covenant berpengaruh positif terhadap transfer pricing, beban pajak dapat memoderasi debt covenant dan mekanisme bonus, akan tetapi beban pajak tidak dapat memoderasi aset tak berwujud. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk menggunakan perusahaan manufaktur multinasional sebagai pemilihan sampel, peneliti juga sebaiknya menggunakan kriteria pengukuran variabel aset tak berwujud sesuai dengan ketentuan perpajakan, sementara saran bagi perusahaan, perusahaan dapat mengungkapkan transaksi dengan pihak berelasi sesuai PSAK No. 7.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Transfer Pricing, beban pajak, aset tak berwujud, debt covenant, mekanisme bonus
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 12 Jul 2022 08:07
Last Modified: 12 Jul 2022 08:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50179

Actions (login required)

View Item View Item