DETERMINAN CARBON EMISSION DISCLOSURE DENGAN PERINGKAT PROPER SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN DI INDONESIA TAHUN 2015-2019


Retnosari Widiastutik, 7211417013 (2021) DETERMINAN CARBON EMISSION DISCLOSURE DENGAN PERINGKAT PROPER SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN DI INDONESIA TAHUN 2015-2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211417013_SKRIPSI 2021 - Retnosari Widiastutik.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Carbon Emission Disclosure merupakan pengungkapan emisi karbon yang merupakan tindakan penting yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk menjaga keseimbangan antara alam dan aktivitas manusia. Pengungkapan emisi karbon menjadi nilai yang kompetitif dalam menaikan nilai perusahaan untuk mendapatkan legitimasi dari stakeholder. Akan tetapi, pengungkapan emisi karbon masih bersifat sukarela. Sehingga, tidak semua perusahaan di Indonesia melakukan pengungkapan emisi karbon dalam pengungkapan tanggung jawab lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ukuran perusahaan, leverage, dan kinerja keuangan dengan menambahkan peringkat PROPER sebagai variabel yang memediasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2019. Teknik pengambilan sampel di tentukan dengan purposive sampling yang mana didasarkan pada kriteria yang ditetapkan peneliti dan memperoleh 150 unit analisis yang menjadi objek pengamatan. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur ( path analysis) data dianalisis setelah memenuhi syarat asumsi klasik dengan menggunakan alat bantu analisis software IBM SPSS Statistics 25. Untuk melakukan pengujian mediasi, peneliti menggunakan sobel test calculator untuk mengetahui pengaruh peringkat PROPER sebagai variabel yang memediasi. Hasil penelitian membuktikan secara empiris bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap peringkat PROPER dan carbon emission disclosure. Leverage mendapatkan hasil analisis tidak berpengaruh terhadap peringkat PROPER sedangkan leverage memiliki pengaruh positif signifikan terhadap carbon emission disclosure. Pada variabel kinerja keuangan tidak berpengaruh terhadap peringkat PROPER maupun carbon emission disclosure. Selain itu, peringkat PROPER sebagai variabel mediasi mampu membuktikan pengaruh signifikan pada variabel ukuran perusahaan. Penelitian ini menggunakan content analysis yang dipengaruhi oleh subyektivitas dari peneliti. Maka peneliti membuat simpulan saran untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan sampel dari perusahaan pertambangan yang memiliki hubungan langsung dengan lingkungan, sehingga hal ini akan meningkatkan urgentsi yang dibawakan, selain itu peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel mediasi lain untuk mengalisis faktor lain yang menjadi pengaruh, menggunakan variabel independen lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Leverage, Kinerja Keuangan, Peringkat Proper
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 12 Jul 2022 07:59
Last Modified: 12 Jul 2022 07:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50178

Actions (login required)

View Item View Item