Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar dalam Pembelajaran E-Learning Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang


Nita Dwi Yulianti, 7101417096 (2021) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar dalam Pembelajaran E-Learning Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417096 - Nita Dwi Yulianti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa. Untuk menghasilkan sumber daya yang baik dan berkualitas didalam pendidikan dilakukan melalui kegiatan belajar. Dalam kondisi sekarang ini menuntut untuk pembelajaran dilakukan secara daring, dalam kegiatan belajar secara daring tidak menutup kemungkinan terjadi hambatan ataupun masalah pada mahasiswa. Sehingga mahasiswa diwajibkan untuk selalu aktif dalam belajar walaupun pembelajaran dilakukan secara E-Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar dan untuk mengetahui faktor-faktor yang paling dominan yang mempengaruhi keaktifan belajar dalam pembelajaran E-Learning mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun 2017-2019 dengan jumlah populasi sebanyak 949 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 282 mahasiswa. Alat pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Analisis ini mereduksi dari banyak faktor yang terlibat menjadi sedikit. Pada penelitian ini menggunakan analisis faktor eksploratori dan analisis faktor konfirmatori. Hasil analisis faktor eksploratori menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor baru yang terbentuk sebesar 66.474% dan sisanya sebesar 33.526% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ditentukan dalam faktor ini. Tiga faktor tersebut yaitu: 1) faktor psikologis memiliki kontribusi sebesar 49.168%, 2) faktor sekolah dan masyarakat memiliki kontribusi sebesar 9.522%, dan 3) faktor keluarga memiliki kontribusi sebesar 7.783%. Hasil analisis faktor konfirmatori menunjukkan model fit dengan melihat nilai chi-square test , RMSEA, ECVI, AIC, NNFI, CCFI, IFI dan GFI . Simpulan dari penelitian ini adalah dari 29 faktor yag dianalisis diperoleh 17 variabel yang terbentuk menjadi tiga faktor baru yang memiliki pengaruh terhadap keaktifan belajar dalam pembelajaran E-Learning. Faktor yang paling dominan mempengaruhi keaktifan belajar dalam pembelajaran E-Learning mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang adalah faktor psikologis dengan eigenvalue sebesar 8.359. Saran dalam penelitian ini adalah mahasiswa diharapkan selalu memperhatikan kondisi psikologisnya, mahasiswa diharapkan untuk menjalin komonikasi antar dosen dan mahasiswa yang lain, dosen diharapkan dapat menggunakan metode pembelajaran yang efektif dan efisien, dan orangtua memberikan suasana yang nyaman dan fasilitas yang diperlukan serta memberikan dukungan penuh terhadap mahasiswa. x

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Pembelajaran E-Learning, Analisis Faktor.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 12 Jul 2022 06:21
Last Modified: 12 Jul 2022 06:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50174

Actions (login required)

View Item View Item