PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN BATIK TULIS BAKARAN (Studi Kasus Rumah Batik Classic Bu Sri P.Sarni)


Muchamad Yusup Dwi Saputro, 7101416175 (2021) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN BATIK TULIS BAKARAN (Studi Kasus Rumah Batik Classic Bu Sri P.Sarni). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416175 - muchamad yusup.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi informasi khususnya internet yang sangat popular dengan penggunaannya semakin beragam dan luas. Seperti ruang interaksi, ruang berbagi pengalaman dan informasi, ruang untuk saling mengenal, bahkan saat ini, media sosial sudah mulai digunakan sebagai media untuk melakukan promosi, meningkatan brand awareness dan brand image perusahaan dan peningkatan pelayanan pada konsumen. Sehingga, media sosial dapat berperan sebagai wadah bagi para pelaku bisnis untuk berkomunikasi dengan sesama produsen, pelanggan, maupun calon pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan media sosial dalam menetapkan segmentasi pasar, target pasar dan memposisikan produk batik tulis bakaran oleh Rumah Batik Classic Bu Sri P Sarni. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dan perpanjangan pengamatan. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Rumah Batik Classic Bu Sri P Sarni memanfaatkan media sosial Instagram untuk membidik segmen remaja dan Facebook untuk segmen dewasa. Dalam memanfaatkan media sosial, usaha ini memaksimalkan seluruh fitur yang ada untuk mempromosikan produknya dan melakukan pengunggahan konten secara teratur setiap hari. Untuk melayani konsumen, Rumah Batik Classic Bu Sri P Sarni memanfaatkan fitur obrolan yang ada di masing masing media sosial agar komunikasi antara penjual dan pembeli lebi privasi. Usaha ini memanfaatkan media sosial untuk memposisikan produknya di benak konsumen dengan menampilkan keunggulan produk dan proses pembuatannya pada setiap unggahan kontennya di media sosial. Saran dari penelitian ini adalah untuk menarik pelanggan di media sosial perlunya ada template pada setiap unggahan di media sosial agar konten yang diunggah di media sosial akan semakin menarik serta pengoptimalan fitur marketplace sehingga dapat memudahkan pengguna media sosial untuk mencari produk batik Rumah Batik Classic Bu Sri P Sarni.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Strategi Pemasaran, Batik Bakaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 12 Jul 2022 04:22
Last Modified: 12 Jul 2022 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50173

Actions (login required)

View Item View Item