PENERAPAN ANIMASI 2D MOTION GRAPHIC SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT UNTUK ANAK USIA 7-9 TAHUN


Ulin Nuha Muhammad Syafi’i, 5302414005 (2021) PENERAPAN ANIMASI 2D MOTION GRAPHIC SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT UNTUK ANAK USIA 7-9 TAHUN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302414005 - Ulin Nuha Muhammad Syafii.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sosialiasi dan edukasi mengenai pentingnya perilaku bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari ,sebaiknya harus terus menerus disosialisasikan kepada masyarakat , salah satu program pemerintah untuk mendukung terciptanya perubahan perilaku higien masyarakat adalah Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), namun salah satu faktor mengapa masalah sanitasi belum sepenuhnya berhasil di seluruh Indonesia adalah masih kurangnya sosialisasi di masyarakat, oleh karena itu dibutuhkan media yang menarik untuk menyampaikan materi mengenai sanitasi, salah satunya adalah dengan animasi yang digunakan sebagai iklan layanan masyarakat, animasi akan lebih menarik bagi anak-anak dari pada sosialiasi menggunakan media cetak, alasan anak-anak dijadikan target penonton adalah sebagian memori yang tersimpan ketika anak-anak kemungkinan akan berpengaruh kelak ketika anak tersebut menginjak usia dewasa. Metode pengembangan media yang digunakan peneliti dalam pembuatan media adalah Multimedia Development Life Cycle menurut Luther (1994) yang meliputi 6 tahapan antara lain adalah sebagai berikut : (1) concept , (2) design, (3) material collecting, (4) assembly, (5) testing, dan (6) distribution. Dari hasil proses pengujian animasi oleh ahli materi dan media, serta di lakukannya pengujian di lapangan, dari beberapa aspek yang diujikan dalam pengujian oleh materi mendapatkan presentase rata-rata 85 %, sedangkan untuk pengujian oleh ahli media mendapatkan presentase rata-rata 88%, dari hasil kedua pengujian oleh ahli materi dan media yang dibuat dapat dikategorikan “Sangat Layak”. Kemudian media video animasi diuji di lapangan dengan cara didistribusikan kepada responden yakni 80 anak usia 7-9 tahun didampingi Wali murid dari masing-masing siswa. Dari hasil pengujian, mendapatkan hasil akhir presentase nilai rata-rata 82% dari semua pertanyaan yang ditujukkan kepada Wali murid, sehingga dapat dikategorikan Wali murid “Sangat Setuju” dengan media video animasi 2D motion graphic untuk sosialisasi mengenai Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Animasi, Motion Graphic, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, Iklan Layanan Masyarakat , Media Video Animasi.
Subjects: T Technology > Information and Computer
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 12 Jul 2022 03:37
Last Modified: 12 Jul 2022 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50171

Actions (login required)

View Item View Item