STUDI SIMULASI CAMPURAN NANOPARTIKEL Al2O3 (ALUMINIUM DIOKSIDA) - H2O (AIR) SEBAGAI MEDIA PENDINGIN PADA RADIATOR MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS


Yuna Cahya Kayunda, 5211417011 (2021) STUDI SIMULASI CAMPURAN NANOPARTIKEL Al2O3 (ALUMINIUM DIOKSIDA) - H2O (AIR) SEBAGAI MEDIA PENDINGIN PADA RADIATOR MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5211417011 - YUNA CAHYA KAYUNDA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Simulasi digunakan untuk mengurangi kemungkinan kegagalan, untuk mencegah kendala yang tidak terduga, dan untuk mengoptimalkan kinerja sistem radiator. Penelitian ini menggunakan metode simulasi computational fluid dynamics. Radiator adalah alat yang berfungsi sebagai alat untuk mendinginkan fluida kerja (radiator coolant) yang telah menyerap kalor dari mesin dengan cara membuang kalor pada fluida kerja. Fluida yang umum dipakai berupa air biasa atau ditambah dengan jenis cairan pendingin dengan merk tertentu. Kenaikan suhu mesin dapat menyebabkan kemungkinan terjadinya peningkatan konsumsi bahan bakar, penguapan bahan bakar, dan meningkatkan polusi. Air sebagai cairan fluida dapat menimbulkan endapan kotor pada saluran pendingin dan menyebabkan korosi. Fluida kerja yang digunakan pada penelitian ini adalah nanofluida. Nanofluida merupakan campuran dari nanopartikel dengan fluida dasar. Penggunaan nanofluida mulai digunakan sebagai fluida kerja pada radiator, karena dinilai memiliki konduktivitas termal lebih baik dibanding fluida kerja dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nanofluida pada laju perpindahan panas pipa radiator. Simulasi menggunakan software ANSYS Fluid Flow Fluent dengan variasi nanofluida Al2O3-H2O 0%; 0,3%; 0,5%; dan 1%. Penulis mengasumsikan temperatur outlet sebesar 130 °C dengan kecepatan inlet 0,4 m/s. Hasil dari simulasi menunjukkan bahwa meningkatnya konsentrasi nanopartikel, berpengaruh pada meningkatnya laju perpindahan panas dan temperatur outlet pipa radiator. Hasil Analisa menunjukkan bahwa pada konsentrasi nanofluida Al2O3 menghasilkan temperatur outlet yang ideal yaitu 80 °C.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nanofluida, CFD, Radiator, ANSYS
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 11 Jul 2022 07:42
Last Modified: 11 Jul 2022 07:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50161

Actions (login required)

View Item View Item