Pengaruh Kegemaran Membaca dan Menulis Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Mahasiswa Semester V

Yane Eka Susanti, 2008 (2008) Pengaruh Kegemaran Membaca dan Menulis Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Mahasiswa Semester V. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Kegemaran Membaca dan Menulis Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Mahasiswa Semester V) - Published Version
Download (29Kb)

    Abstract

    Susanti, Yane Eka. 2008. Pengaruh Kegemaran Membaca dan Menulis Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Mahasiswa Semester V. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Isfajar Ardinugroho M.Hum. Pembimbing II. Tri Eko Agustiningrum M,Pd. Kata Kunci: kegemaran, membaca, menulis, karangan, narasi Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata atau bahasa tulis. Menulis adalah sebuah proses yang dapat mengembangkan kemampuan dalam berpikir dinamis, kemampuan analitis dan kemampuan membedakan berbagai hal secara akurat dan valid. Mahasiswa yang memiliki kegemaran membaca dan menulis diasumsikan memiliki keterampilan menulis yang baik. Dengan gemar menulis, mahasiswa akan terbiasa menghadapi kendala yang ada pada kegiatan menulis sehingga kendala tersebut menjadi tidak berarti. Selain itu, frekwensi menulis seseorang akan sangat mempengaruhi kwalitas tulisan yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kegemaran membaca dan kegemaran menulis terhadap kemampuan menulis karangan narasi mahasiswa semester V angkatan 2006/2007 Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V prodi Pendidikan Bahasa Prancis dan prodi Sastra Prancis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode Angket, metode tes dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengetahui angka kegemaran membaca dan angka kegemaran menulis. Metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan menulis karangan. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui jumlah dan nama responden. Validitas angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas konstrak sedangkan untuk tes kemampuan menulis adalah validitas isi. Untuk mengetahui reliabilitas angket digunakan rumus "alpha", sedangkan rumus yang digunakan untuk mengetahui reliabilitas tes menulis adalah rumus "product moment". Untuk mengetahui pengaruh kegemaran membaca dan menulis terhadap kemampuan menulis digunakan rumus “regresi berganda”. Berdasarkan perhitungan data diperoleh angka secara parsial untuk kegemaran membaca terhadap kemampuan menulis sebesar 0,42 atau 42%. Sedangkan pengaruh antara kegemaran menulis terhadap kemampuan menulis adalah 0,16 atau 16%. Artinya pengaruh kegemaran membaca terhadap kemampuan menulis lebih besar daripada pengaruh kegemaran menulis terhadap kemampuan menulis. Besar pengaruh kedua variabel secara simultan adalah 0,468 atau sebesar 47%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara kedua variabel.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kegemaran, membaca, menulis, karangan, narasi
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 29 Sep 2011 20:57
    Last Modified: 29 Sep 2011 20:57

    Actions (login required)

    View Item