Pengaruh Kinerja Lingkungan, Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, dan Dewan Komisaris Independen terhadap Environmental Disclosure (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertanian dan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2019)


Umi Yaisah, 7211416160 (2021) Pengaruh Kinerja Lingkungan, Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, dan Dewan Komisaris Independen terhadap Environmental Disclosure (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertanian dan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416160 - Umi Yaisah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan lingkungan dalam sepuluh tahun terakhir menjadi pusat perhatian perusahaan dalam skala nasional maupun internasional. Tingginya indeks polusi di Indonesia, berbagai kasus pencemaran lingkungan, dan penurunan peserta PROPER menjadi penyebab minimnya pelaporan pertanggungjawaban lingkungan di Indonesia. Fenomena inilah yang melatarbelakangi pentingnya penelitian mengenai faktor yang mempengaruhi perusahaan melakukan environmental disclosure. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kinerja lingkungan, rasio profitabilitas, rasio leverage, rasio likuiditas, rasio aktivitas, ukuran perusahaan, dan dewan komisaris independen terhadap environmental disclosure. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahan di sektor pertanian dan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2019 yang berjumlah 61 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sample, sehingga didapat 7 sampel dengan 39 unit analisis. Metode analisis data pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio leverage, rasio likuiditas, dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap environmental disclosure. Sedangkan kinerja lingkungan, rasio profitabilitas, rasio aktivitas, dan dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap environmental disclosure. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa meningkatnya rasio leverage, rasio likuiditas, dan ukuran perusahaan cenderung mengurangi tingkat environmental disclosure. Tingkat environmental disclosure perusahaan pertanian dan pertambangan di Indonesia masih rendah, diharapkan perusahaan lebih meningkatkan pertanggungjawaban lingkungan dengan pemerintah ikut andil dalam pengawasan dan pembuatan regulasi yang efektif. Penelitian selanjutnya diharapkan menambah faktor lain yang mempengaruhi, objek penelitian, dan pembanding dengan negara yang memiliki kondisi alam dan perekonomian seimbang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Environmental Disclosure, Kinerja Lingkungan, Rasio Profitabilitas, Rasio Leverage, Rasio Likuiditas, Rasio Aktivitas, Ukuran Perusahaan, Dewan Komisaris Independen
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Socio-economic
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 11 Jul 2022 07:20
Last Modified: 11 Jul 2022 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50158

Actions (login required)

View Item View Item