PELAKSANAAN KLAIM ASURANSI JIWA PADA TENAGA MEDIS DALAM MENANGANI COVID-19 (STUDI DI PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE PURWOKERTO)


DWI SETYANINGSIH, 8111414055 (2021) PELAKSANAAN KLAIM ASURANSI JIWA PADA TENAGA MEDIS DALAM MENANGANI COVID-19 (STUDI DI PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE PURWOKERTO). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211416132 - mia nur mufidah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Asuransi jiwa merupakan salah satu jenis asuransi yang memiliki keuntungan untuk jangka panjang yang bermanfaat saat adanya musibah tak terduga seperti Covid�19. Oleh karenanya, dirasa perlu adanya penelitian yang berupa (1) Bagaimana pelaksanaan klaim asuransi jiwa jika terjadi bencana nasional berdasarkan Undang�Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian di PT Prudential Life Assurance Purwokerto, (2) Bagaimana mekanisme penyelesaian klaim asuransi jiwa pada tenaga medis yang terkena dampak Covid-19 baik yang menjadi pasien maupun yang sudah meninggal pada PT Prudential Life Assurance Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didasarkan pada pendekatan penelitian hukum yuridis empiris. Sumber data penelitian bersumber dari data primer (wawancara dan dokumentasi) dan data sekunder (studi kepustakaan). Analisis data penelitian secara kualitatif dengan menggunakan triangulasi data yaitu pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan verifikasi penarikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan klaim asuransi jiwa saat terjadinya Covid-19 berjalan dengan lancar sesuai dengan aturan perusahaan yang bersangkutan berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian. Pelaksanaan klaim berjalan dengan lancar karena tidak adanya hambatan yang terjadi baik dari tertanggung maupun penanggung selama proses pelaksanaannya. (2) Mekanisme penyelesaian klaim asuransi jiwa pada tenaga medis yang terkena Covid-19 sudah terimplementasi berdasarkan undang-undang perasuransian yang berlaku. Penyelesaian klaim pada nasabah atau tenaga medis yang terkena Covid-19 tidak jauh berbeda dengan mekanisme penyelesaian klaim asuransi jiwa pada umumnya. Simpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Pelaksanaan klaim asuransi selama masa pandemi atau Covid-19 tetap berjalan dengan lancar, tidak ada hambatan yang serius selama proses pelaksanaan klaim. (2) Mekanisme penyelesaian klaim pada tenaga medis yang terkena Covid-19 sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Saran untuk PT Prudential, sebaiknya lebih rinci dalam memberitahu apa saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh nasabah saat pengajuan klaim, dan lebih teliti dalam pemeriksaan dokumen. Saran untuk nasabah, seharusnya lebih teliti saat akan menyerahkan dokumen pengajuan klaim sehingga pelaksanaan klaim dapat berjalan dengan cepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Klaim Asuransi Jiwa, PT Prudential Life Assurance, Tenaga Medis
Subjects: K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 11 Jul 2022 06:57
Last Modified: 11 Jul 2022 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50153

Actions (login required)

View Item View Item