PERAN PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACAAN AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRO’ATI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ ALGHUROBAA’ KUDUS


Putri Mardiana, 1201414062 (2021) PERAN PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACAAN AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRO’ATI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ ALGHUROBAA’ KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201414062 - Putri Mardiana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam sebuah lembaga pendidikan, metode pembelajaran Al-Qur‟an biasanya sudah ada ketentuannya. Namun, kenyataannya dalam praktek sering kali tidak relevan dalam pengajaran Al-Qur‟an. Meskipun hal tersebut sudah ditentukan dalam lembaga, terkadang masih banyak pendidik yang tidak menerapkan/menggunakan metode yang telah ditentukan.Dari kejadian tersebut, seorang pendidik (ustadz/ustadzah) sebaiknya bisa mengembangkan metode yang telah ada menjadi metode yang baru yang lebih efektif ketika diajarkan kepada siswa/santri agar dapat meningkatkan pemahaman dalam mempelajari Al-Qur‟an dengan mudah, menyenangkan dan tidak membosankan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui upaya apa yang telah dilakukan oleh ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kemampuan bacaan Al�Qur‟an pada santri Pondok Pesantren Tahfidz Alghurobaa‟ Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada ustadz/ustadzah dan santri pada Pondok Pesantren Tahfidz Alghurobaa‟ Kudus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.Setelah data terkumpul kemudian dilanjutkan dengan menguji keabsahan data dan analisis data.Dalam menguji keabsahan data diantaranya menggunakan teknik triangulasi.Dan pada analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir verifikasi atau menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Qiro‟ati pada Pondok Pesantren Tahfidz Alghurobaa‟ Kudus dilakukan dengan sistem klasikal dan individual, ustadz/ustadzah berusaha memahami bahwa setiap santri memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga dengan sabar mengajar para santri sampai benar-benar mengerti materi yang dijelaskan. Kemudian, ustadz dan ustadzah membangun suasana pembelajaran yang positif sehingga menjadikan para santri lebih bersemangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bacaan Al-Qur‟an, Metode Qiro‟ati, Pendidik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 11 Jul 2022 06:47
Last Modified: 11 Jul 2022 06:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50150

Actions (login required)

View Item View Item