PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN DRILL UNTUK LATIHAN KETERAMPILAN BERMUSIK PADA SISWA TINGKAT SMP DALAM PERSPEKTIF INTERAKSI SOSIAL
Yuliana Sri Pangesti, 2501417060 (2021) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN DRILL UNTUK LATIHAN KETERAMPILAN BERMUSIK PADA SISWA TINGKAT SMP DALAM PERSPEKTIF INTERAKSI SOSIAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Proses kegiatan pembelajaran tidak terlepas dengan adanya penggunaan metode pembelajaran, metode digunakan oleh guru sebagai salah satu strategi dalam menunjang keberhasilan belajar peserta didik, kaitanya dengan penyampaian materi pembelajaran baik teori atau praktek bermusik. Pembelajaran seni musik erat kaitannya dengan interaksi sosial yang melibatkan pendidik dan peserta didik. SMP Negeri 1 Simo merupakan salah satu sekolah yang menerapkan metode demonstrasi dan drill untuk materi latihan keterampilan musik ansambel. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi untuk latihan keterampilan bermusik dalam perspektif interaksi sosial pada siswa di SMP Negeri 1 Simo? (2) Bagaimana penerapan metode drill untuk latihan keterampilan bermusik dalam perspektif interaksi sosial pada siswa di SMP Negeri 1 Simo?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan musikologi, sosiologi dan pendidikan seni. Sumber data yang digunakan adalah berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Simo yang terletak di Jl. Singoprono Raya No. 464, Kebayanan 3, Pelem, Simo, Kabupaten Boyolali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran seni musik materi ansambel, metode demonstrasi diterapkan oleh guru dengan mempraktekan secara langsung kepada siswa mengenai materi yang sedang dipelajari lalu siswa mengikuti dan menirukannya dengan seksama kemudian guru kembali memberikan materi penjelasan untuk memudahkan pemahaman bagi siswa, melalui metode demonstrasi siswa tidak hanya sekedar mendengarkan, namun juga melihat. Penerapan metode drill pada pembelajaran seni musik dilakukan oleh guru dengan menyajikan materi pembelajaran kepada siswa melalui latihan secara berulang-ulang agar siswa dapat menguasai materi pelajaran dan terampil dalam melaksanakan latihan yang diberikan sebagai bentuk efektivitas penggunaan metode drill, dalam latihan keterampilan musik ansambel metode drill membuat siswa menjadi lebih teratur, teliti, dan tajam daya ingatnya. Berpijak dari hasil penelitian, peneliti menyarankan agar kualitas mengajar, kreativitas mengajar dan metode pembelajaran yang digunakan untuk dapat dipertahankan. Memaksimalkan penerapan metode demonstrasi dan drill dengan rutin dan giat mengadakan latihan praktek guna lebih terampil yang nantinya siap menggunakan keterampilan karena sudah dibiasakan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Drill, Keterampilan Bermusik, Interaksi Sosial |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra N Fine Arts > NN Music |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 06:18 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 06:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50147 |
Actions (login required)
View Item |