MANAJEMEN SANGGAR PADMA BASWARA DI KADILANGU DEMAK


Dwi Kharisma Oktaviana, 2501416154 (2021) MANAJEMEN SANGGAR PADMA BASWARA DI KADILANGU DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501416154 - Dwik Oktaviana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sanggar Padma Baswara di Kadilangu Demak merupakan tempat pengembangan dan pelatihan seni tari yang memiliki sistem manajemen dan dijalankan oleh pengurus sanggar. Sanggar Padma Baswara dalam kurun waktu 4 tahun sudah diakui dan eksis di masyarakat khususnya masyarakat Demak. Tujuan penelitian yaitu untuk: 1) mengetahui dan mendeskripsikan manajemen organisasi Sanggar Padma Baswara di Kadilangu Demak; 2) mengetahui dan mendeskripsikan manajemen produksi pertunjukan Sanggar Padma Baswara di Kadilangu Demak. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berisi bahwa Sanggar Padma Baswara menerapkan manajemen dengan sebaik-baiknya sehingga tujuan organisasi dapat dicapai. Fungsi-fungsi manajemen berupa perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), pengawasan (controlling). Faktor yang menjadi dasar manajemen Sanggar Padma Baswara yaitu manajemen produksi seni pertunjukan dapat dilihat dari agenda rutin Sanggar Padma Baswara yang dilaksanakan setiap satu tahun dua kali yaitu berupa Ujian Akhir Semester meliputi bahan atau material, modal, tenaga kerja dan peralatan. Saran dari hasil penelitian mengenai manajemen Sanggar Padma Baswara di Kadilangu Demak kepada Sanggar Padma Baswara supaya menggunakan manajemen secara sistematis serta menggunakan sistem modern, termasuk dalam menyimpan administrasi supaya tidak hanya menggunakan catatan manual agar seluruh administrasi sanggar dapat disimpan dengan aman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: manajemen, organisasi, produksi.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
N Fine Arts > NN Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:34
Last Modified: 11 Jul 2022 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50146

Actions (login required)

View Item View Item