PERANCANGAN ILUSTRASI BANGUNAN IKONIK KOTA SEMARANG PADA MERCHANDISE SEBAGAI PENGENALAN WISATA
Aqil Abdul Gani, 2411416032 (2021) PERANCANGAN ILUSTRASI BANGUNAN IKONIK KOTA SEMARANG PADA MERCHANDISE SEBAGAI PENGENALAN WISATA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kota Semarang merupakan salah satu kota yang mempunyai potensi wisata bangunan yang ikonik. Wisata bangunan ikonik cukup diminati para pengunjung saat mengunjungi Kota Semarang karena keunikan wisatanya yaitu baik berupa bangunan peninggalan sejarah, museum, maupun tempat ibadah. Dengan berbagai macamnya bangunan ikonik yang ada di kota Semarang, perlu media promosi yang mendukung untuk menyebarkan informasi wisata bangunan ikonik yang ada di kota Semarang, salah satunya melalui media merchandise. Merchandise yang dirancang meliputi t-shirt, tote bag, gantungan kunci, hiasan dinding, pot bunga, bantal, softcash, masker, binder, mug dan piring, serta lampu dekorasi. Proses perancangan dimulai dari pembuatan secara manual pada ilustrasi. Desain ilustrasi dibuat menggunakan teknik manual dan difinishing dengan digital melalui software Adobe Photoshop CC 2019.. Proses perancangan merchandise ini melalui beberapa tahapan proses pra produksi, proses produksi, proses pasca produksi. Karya yang dihasilkan berupa t-shirt, tote bag, gantungan kunci, hiasan dinding, pot bunga, bantal, softcash, masker, binder, mug dan piring, serta lampu dekorasi. Semua desain merchandise yang dibuat mengandung visual desain ilustrasi dengan penggambaran ilustrasi secara realis pendekatan surealis dari bangunan-bangunan ikonik yang ada di Semarang, yaitu pada ilustrasi bangunan digambarkan secara realis tetapi juga menambahkan beberapa unsur-unsur surealis. Semua karya yang dihasilkan dikaji mengenai spesifikasi dan deskripsinya. Selain itu karya juga dianalisis dari aspek teknis, aspek estetis, juga aspek komunikasi. Hasil analisis karya ditinjau secara segi estetis terlihat dari penyajian visual dengan warna-warna cenderung monokrom, agar desain merchandise tersebut lebih simpel tetapi juga lebih detail, unik dan menarik, sehingga menjadi sebuah daya tarik publik terutama bagi kalangan remaja. Untuk analisis komunikasinya semua produk merchandise ini ditujukan sebagai pendukung dalam berpenampilan dan menyebarkan informasi wisata bangunan ikonik di kota Semarang ke masyarakat luas. Melalui perancangan merchandise ini diharapakan dapat meningkatkan angka kunjungan wisata, serta dapat memberikan informasi luas kepada masyarakat mengenai wisata bangunan ikonik apa saja yang ada di kota Semarang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perancangan, Ilustrasi, Bangunan Ikonik, Kota Semarang, Merchandise, Wisata |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 04:08 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 04:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50143 |
Actions (login required)
View Item |