IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SMP ISLAM AL MADINA SEMARANG


Alvin Handinata Sanjaya, 2401414021 (2021) IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN DI SMP ISLAM AL MADINA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2404414021 - alvin handinata.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Bahasa Mandarin untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kota Semarang memiliki kualitas pembelajaran Bahasa Mandarin yang belum setara dan berbeda-beda. Hal itu terjadi juga di salah satu sekolah swasta di Semarang SMP Islam Al Madina yang menggunakan kurikulum tingkat SMA pembelajaran bahasa mandarin untuk diajarkan pada siswa. Proses pembelajaran untuk tingkatan berbeda mulai materi dan alat evaluasi yang diberikan kepada siswa. Masalah dalam penelitian tentang bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Mandarin di SMP Islam Al Madina Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran Bahasa Mandarin di SMP Islam Al Madina. Manfaat dari manfaat teoretis dan praktis terutama bagi guru dan siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Islam Al Madina Semarang. Adapun sasaran penelitian pada pembelajaran bahasa mandarin di SMP Islam Al Madina. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah perencaan pembelajaran mulai dari materi yang digunakan pembelajaran bahasa mandarin di SMP AL Madina yang diberikan kepada siswa dari sekolah belum sesuai dan kurang efektif untuk siswa kelas VIII karena belum adanya kurikulum Bahasa Mandarin di tingkat SMP dan guru harus membuat RPP dari kurikulum tingkat SMA. Pelaksanaan pembelajaran menggunakana teknik pembelajaran bahasa mandarin Discovery Learning atau pembelajaran berkelompok untuk mengajarkan materi pada kelas VIII di SMP Al Madina. Alat evaluasi pembelajaran yang dimanfaatkan di SMP Al Madina berupa ulangan harian terstruktur (PHT), penilaian tengah semester dan evaluasi akhir semester untuk semua aspek lisan dan tulis dan ranah kognitif, afektif serta psikomotorik. Saran dalam penelitian ini adalah sebagai refleksi dan bahan pertimbangan untuk proses pembelajaran bahasa mandarin khususnya di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Perlu adanya perhatian khusus terhadap kurikulum bahasa mandarin di tingkat SMP agar memudahkan pengajar dan peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa mandarin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Bahasa Mandarin, Al Madina
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI2 China
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:56
Last Modified: 11 Jul 2022 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50141

Actions (login required)

View Item View Item