EFEKTIVITAS E-LKPD BERBASIS QUICK RESPONSE CODE DENGAN MODEL EKSPERIENTIAL JELAJAH ALAM SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PLANTAE


Juharoh Indri Lestari, 4401417043 (2021) EFEKTIVITAS E-LKPD BERBASIS QUICK RESPONSE CODE DENGAN MODEL EKSPERIENTIAL JELAJAH ALAM SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI PLANTAE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401417043 - Juharoh Indri Lestari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Materi Plantae merupakan materi yang diajarkan dikelas X SMA semester 2 dengan kompetensi dasar (KD), yaitu KD 3.8 dan KD 4.8. Kompetensi dasar materi plantae dapat dicapai siswa dengan cara memahami konsep materi plantae melalui berbagai aktivitas pembelajaran. Hasil dari observasi yang dilakukan kepada guru biologi SMA N 1 Sirampog Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah diperoleh informasi bahwa guru biologi menggunakan metode mengajar materi plantae dengan menggunakan metode menghafal. Metode ini dapat melatih pemahaman siswa namun tidak efektif untuk melatihkan pemahaman konsep materi plantae. Metode ini dapat melatihkan pemahaman siswa namun tidak efektif untuk melatihkan pemahaman konsep materi plantae. Hal yang dapat dilakukan oleh guru adalah menggunakan alternatif model, metode atau pendekatan pembelajaran serta sumber belajar yang mampu memotivasi siswa dalam belajar serta dapat memfasilitasi siswa dalam memahami konsep sehingga pemahaman konsep siswa dalam suatu materi dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keefektifan E-LKPD_QRC dengan model EJAS untuk meningkatkan pemahaman konsep materi plantae. Pemahaman konsep dalam penelitian ini mengacu pada 7 indikator meliputi (1) menafsirkan (intepreting); memberikan contoh (exemplifying); (3) mengklasifikasikan (classifying); (4) meringkas (summarizing); (5) menyimpulkan (infering); (6) membandingkan (comparing); (7) menjelaskan (explaining). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pre-eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 108 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, berupa hasil pretest dan posttest yang dianalisis secara deskriptrif kuantitatif menggunakan ketuntasan KKM, Uji Wilcoxon, dan Uji N gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan KKM siswa tinggi, terdapat perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah pembelajaran plantae menggunakan E�LKPD_QRC dengan model EJAS dari hasil Uji Wilcoxon, dan N gain kategori sedang. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah E-LKPD_QRC dengan model EJAS efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi plantae.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, E-LKPD_QRC, model EJAS, pemahaman konsep, materi plantae.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:29
Last Modified: 11 Jul 2022 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50137

Actions (login required)

View Item View Item