PELAKSANAAN PEMBELAJARAN OUTDOOR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ALAM UNGARAN


Emi Margina Hapsari, 1201416087 (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN OUTDOOR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ALAM UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201416087- Emi Hapsari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Terjadinya penurunan moral remaja membuat pentingnya untuk menciptakan sekolah yang dapat membantu perkembangan karakter karena pendidikan pada usia remaja merupakan momen penting dalam menentukan karakter. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mendekripsikan pelaksanaan pendidikan karakter melalui outdoor learning, (2) mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan karakter melalui outdoor learning. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode fonomologi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di SD Alam Ungaran. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah SD Alam Ungaran, pendidik, dan siswa SD kelas lima. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian pelaksanaan pendidikan karakter melalui outdoor learning di SD Alam Ungaran yaitu dilaksanakan melalui 1) kegiatan aktif pembelajaran. Perencanaan pembelajaran luar kelas telah memuat nilai- nilai karakter, dalam pelaksanaan pembelajaran guru telah mengaitkan materi dengan nilai- nilai karakter, serta evaluasi dilakukan dengan pengamatan terhadap perilaku siswa. 2) kegiatan pengembangan diri meliputi kegiatan rutin melalui pembiasaan, kegiatan spontan dengan memberikan teguran, keteladan yang diberikan guru, pengkondisian dengan memberikan hukuman. Terdapat faktor pendukung yaitu pemahaman guru terhadap pentingnya keteladanan karakter, sebagian besar siswa antusias mengikuti pembelajaran, sarana dan prasarana yang memadai, serta lokasi yang mewadai keterlaksanaan pembelajaran. Faktor penghambat yaitu Kemampuan guru untuk mengkondisikan siswa, keterbatasan jumlah guru, dan keengganaan sebagian siswa mengikuti kegiatan pembelajaran luar kelas. Simpulan dari pelaksanaan pendidikan karakter melalui outdoor learning di SD Alam Ungaran melalui 1) kegiatan aktif pembelajaran yang terealisasi dalam perencanaan, pelaksanan, dan evaluasi, 2) kegiatan pengembangan diri. Saran peneliti untuk lembaga yaitu perlu menambahkan jumlah guru pembelajaran luar kelas dan guru dapat memberikan motivasi sehingga meningkatkan ketertatikan siswa pada pembelajaran luar kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Outdoor, Pendidikan Karakter, Sekolah Alam
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:16
Last Modified: 11 Jul 2022 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50135

Actions (login required)

View Item View Item