ISM MUDZAKKAR (NOMINA MASKULIN) PADA TEKS BACAAN BUKU AL-‘ARABIYYAH BAINA YADAIK LEVEL 4 JUZ 1 KARYA DR. ABDURRAHMAN BIN IBRAHIM AL-FAUZAN WA ASHABIHI (ANALISIS SINTAKSIS)


Nahdiah Masayu, 2303417008 (2021) ISM MUDZAKKAR (NOMINA MASKULIN) PADA TEKS BACAAN BUKU AL-‘ARABIYYAH BAINA YADAIK LEVEL 4 JUZ 1 KARYA DR. ABDURRAHMAN BIN IBRAHIM AL-FAUZAN WA ASHABIHI (ANALISIS SINTAKSIS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303417008 - Nahdiah Masayu.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of 2303417008 - Nahdiah Masayu.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Ism mudzakkar (nomina maskulin) yaitu ism yang menunjukkan arti laki-laki atau dianggap laki-laki. Berdasarkan jenis, ism mudzakkar (nomina maskulin) dibagi menjadi dua, yaitu mudzakkar haqiqi dan mudzakkar majazi. Berdasarkan kasus dan fungsi sintaksisnya, terdapat tiga kasus dalam ism mudzakkar (nomina maskulin) yaitu nominatif, akusatif, dan genetif. Berdasarkan penanda gramatikalnya, dibagi menjadi dua yaitu mu’rab dan mabni. Ism mudzakkar yang termasuk mu’rab ditandai dengan penanda gramatikal dhammah, fathah, kasrah, wawu, alif dan ya. Sedangkan ism mudzakkar yang termasuk mabni ditandai dengan penanda gramatikal mabni dhammah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis, mengetahui kasus dan fungsi sintaksis, serta mengetahui penanda gramatikal ism mudzakkar (nomina maskulin) yang terdapat pada teks bacaan buku Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik Level 4 Juz 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi pustaka (library research). Data berupa ism mudzakkar (nomina maskulin) dengan sumber data teks bacaan buku Al ‘arabiyyah Baina Yadaik Level 4 Juz 1. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, sedangkan teknik pengambilan data menggunakan teknik sampling pertimbangan (purposive sampling). Instrumen penelitian berupa kartu data dan lembar rekapitulasi. Adapun analisis datanya dilakukan dengan menggunakan metode distribusional (agih). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada buku Al ‘arabiyyah Baina Yadaik Level 4 Juz 1 terdapat 2.290 data ism mudzakkar (nomina maskulin). Peneliti mengambil 124 data sampel dengan teknik purposive sampling yang telah dianalisis berdasarkan jenis, kasus dan fungsi sintaksis serta penanda gramatikal. Berdasarkan jenis dari 124 data ism mudzakkar (nomina maskulin) pada teks bacaan buku Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik Level 4 Juz 1, terdapat 55 data jenis ism mudzakkar haqiqi dan 69 data berupa ism mudzakkar majazi. Berdasarkan kasus dan fungsi sintaksisnya, terdapat tiga kasus dalam data ism mudzakkar (nomina maskulin) yang dianalisis, meliputi 42 data yang berkasus nominatif, 56 data yang berkasus akusatif, dan 26 data yang berkasus genetif. Berdasarkan penanda gramatikalnya, terdapat 120 data ism mudzakkar (nomina maskulin) yang mu’rab dan 4 data ism mudzakkar (nomina maskulin) yang termasuk mabni. 120 data ism mudzakkar (nomina maskulin) yang termasuk mu’rab terdiri atas 39 data ditandai dengan dhammah, 51 data ditandai dengan fathah, 23 data ditandai dengan kasrah, 2 data ditandai dengan wawu, 1 data ditandai dengan alif, dan 4 data dengan ya. Sedangkan sebanyak 4 data ism mudzakkar (nomina maskulin) menggunakan penanda gramatikal berupa mabni dhammah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ism Mudzakkar (Nomina Maskulin), Sintaksis.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:03
Last Modified: 11 Jul 2022 03:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50134

Actions (login required)

View Item View Item