PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMBACA TEKS BERITA BOHONG BIDANG BENCANA ALAM


Lutfia Felasifah, 2101416048 (2021) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MEMBACA TEKS BERITA BOHONG BIDANG BENCANA ALAM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101416048.pdf - lutfia felasifah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Seiring berkembangnya zaman dan majunya teknologi yang semakin mengagumkan, banyak dampak positif maupun negatif yang menjadi konsekuensi dari peristiwa tersebut. Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan adalah munculnya teks-teks baru yang meresahkan masyarakat, salah satunya adalah di dunia pendidikan, yaitu munculnya teks hoaks dan berdampak bagi peserta didik. Dari berbagai bidang di segala aspek kehidupan, bencana alam merupakan bidang yang perlu dipelajari dan diketahui. Sementara itu, teks berita bohong dapat dikategorikan dalam bentuk teks baru dari teks berita, yang pada dasarnya, peserta didik harus mengetahui dan membedakan berita hoaks dengan faktual sebagai upaya pencegahan maraknya berita hoaks yang meresahkan masyarakat. Dengan demikian, buku pengayaan sebagai penunjang pembelajaran teks berita di SMP perlu dihadirkan agar peserta didik dan pendidik dapat mengenali teks berita bohog (hoaks) dan teks berita faktual. Berdasarkan paparan di atas, rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) bagaimana karakteristik kebutuhan peserta didik dan guru terhadap buku pengayaan membaca berita bohong bidang bencana alam, (2) bagaimana pengembangan buku pengayaan membaca berita bohong bidang bencana alam, (3) bagaimana penilaian ahli terhadap prototipe buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang bencana alam, (4) bagaimana perbaikan prototipe buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang bencana alam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development (R&D), yang dilakukan dengan lima tahapan, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah di Semarang. Objek penelitian adalah peserta didik kelas VIII dan pendidik pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP. Penelitian ini menggunakan teknik pengisian angket dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil angket kebutuhan menunjukkan bahwa peserta didik dan pendidik menginginkan buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang bencana alam yang memiliki materi lengkap dan jelas. Penataan materi disertai rangkuman dan disajikan contoh teks berita hoaks setiap babnya. Warna buku yang diinginkan adalah cerah, warna tulisan gelap, dan terdapat ilustrasi di dalamnya. Informasi tambahan mengenai mitigasi bencana dan contoh bencana yang pernah terjadi di Indonesia turut disajikan dalam buku pengayaan yang dikembangkan. Ukuran buku yang diinginkan adalah B5 dengan warna yang cerah. Prototipe buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang bencana alam tersusun atas lima ix komponen, yaitu: (1) sampul; (2) bentuk fisik; (3) bagian awal; (4) bagian isi; dan (5) bagian akhir. Sampul depan berisi judul buku, ilustrasi, dan nama penulis, sedangkan pada sampul belakang berisi judul buku, gambaran isi buku, dan ilustrasi. Buku pengayaan membaca teks berita bohong bidang bencana alam dicetak dalam ukuran B5 dengan kertas HVS 70 gram dan dijilid menggunakan soft cover. Bagian awal buku memuat halaman judul, halaman hak cipta, halaman prakata, dan daftar isi. Pada bagian isi terdapat tiga bab. Setiap babnya memuat contoh teks berita bohong bidang bencana alam serta informasi tambahan seputar bencana alam. Pada bab pertama berisi materi dampak yang ditimbulkan oleh teks berita bohong (hoaks) dan sanksi bagi penyebar teks berita bohong (hoaks). Bab dua dalam buku pengayaan ini memuat materi tentang pengertian teks hoaks, ciri-ciri teks hoaks, struktur teks hoaks, dan perbedaan antara teks berita bohong (hoaks) serta berita faktual. Pada bab tiga berisi materi membaca kritis yang digunakan untuk mengidentifikasi teks berita bohong (hoaks) bencana alam. Sementara itu, bagian akhir buku memuat daftar pustaka, glosarium, dan identitas penulis. Prototipe buku pengayaan mendapat predikat baik dari ahli dengan rerata nilai 75 pada bagian awal buku, bagian isi mendapat rerata nilai 69,85, dan bagian akhir buku mendapat rerata nilai 75. Perbaikan yang dilakukan oleh peneliti yaitu perbaikan judul, perbaikan ilustrasi sampul depan dan belakang, perbaikan penggunaan huruf dalam buku, dan perbaikan prakata. Buku pengayaan Membaca Teks Berita Bohong Bidang Bencana Alam hendaknya digunakan sebagaimana mestinya, supaya tujuan pengembangan buku tercapai, yaitu memberi edukasi kepada pembaca tentang bahaya hoaks, perbedaan berita hoaks dan faktual, serta cara mengidentifikasi teks hoaks dengan membaca kritis. Selain itu agar dapat membedakan teks berita bohong dan berita faktual, dapat mengidentifikasi teks berita bohong, serta pembaca dapat berpikir kritis dengan sering berlatih membaca kritis. Ada banyak pencegahan maraknya teks hoaks yang dapat dilakukan dengan selain menggunakan penelitian ini. Hendaknya hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh peneliti lain, dari berbagai elemen masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan buku, teks berita bohong, bidang bencana alam
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:06
Last Modified: 11 Jul 2022 02:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50123

Actions (login required)

View Item View Item