PENERAPAN LITERASI BAHASA MELALUI PENDEKATAN MULTISENSORI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI 10 SILIWANGI


Desynta Kurnia Putri, 1601415060 (2021) PENERAPAN LITERASI BAHASA MELALUI PENDEKATAN MULTISENSORI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI 10 SILIWANGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Literasi bahasa perlu ditanamkan pada anak sejak usia dini dalam upaya meningkatkan keterampilan bahasa yang dimiliki oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 10 Siliwangi setelah diberi perlakuan berupa pembelajaran literasi bahasa melalui pendekatan multisensori. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 32 anak usia 5-6 tahun di TK PGRI 10 Siliwangi, Kota Semarang. Teknik analisis data yang digunakan adalah Paired Sample T-Test, yang diolah menggunakan SPSS 21.0. Hasil rata-rata dari data pretest diperoleh 110,187 dan hasil posttest 120,562 maka diperoleh peningkatan keterampilan bahasa sebesar 10,375. Diperkuat dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan –t tabel > t hitung > t tabel, yaitu -2,039 > -5,779 atau 5,779 > 2,039 dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat peningkatan keterampilan bahasa anak usia 5-6 tahun dengan penerapan literasi bahasa melalui pendekatan multisensori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Bahasa, Literasi Bahasa, Multisensori
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:59
Last Modified: 11 Jul 2022 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50119

Actions (login required)

View Item View Item