Pengaruh Process Oriented-Guided Inquiry Learning Berkonteks Isu Sosiosaintifik Terhadap Keterampilan Berargumentasi Siswa Sekolah Menengah Atas
Arum Setyaningsih, - and Sri Rahayu, - and Fauziatul Fajaroh, - and Parmin, FMIPA Pendidikan IPA (2019) Pengaruh Process Oriented-Guided Inquiry Learning Berkonteks Isu Sosiosaintifik Terhadap Keterampilan Berargumentasi Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5 (2). pp. 168-179. ISSN 2477-4820
PDF
- Published Version
Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan berargumentasi merupakan salah satu aspek dalam kemampuan berliterasi sains. Rendahnya skor pada survei PISA siswa Indonesia menunjukkan rendahnya kemampuan mereka dalam berargumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berargumentasi dan kualitas argumentasi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Process Oriented-Guided Inquiry Learning (POGIL) berkonteks isu-isu sosiosaintifik, POGIL, dan konvensional pada materi asam basa. Rancangan penelitian adalah eksperimen semu posstest only design. Sampel terdiri dari tiga kelas di salah satu SMAN di Kota Malang. Data diperoleh dari hasil tes keterampilan berargumentasi tertulis siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan secara statistik terhadap keterampilan berargumentasi siswa di ketiga kelas penelitian (p=0.000). Kualitas argumentasi dianalisis menggunakan kerangka analitik Osborne. Pencapaian level argumentasi siswa kelas POGIL berkonteks isu�isu sosiosaintifik lebih tinggi daripada kelas POGIL dan konvensional
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POGIL, isu-isu sosiosaintifik, keterampilan berargumentasi, asam basa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 01:12 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 01:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50110 |
Actions (login required)
View Item |