PENGEMBANGAN BOOKLET MATERI LAPISAN BUMI BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK SISWA SMP


Silmi Aulia Ramadhani, 4401416051 (2021) PENGEMBANGAN BOOKLET MATERI LAPISAN BUMI BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401416051 - Silmi Aulia Ramadhani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri 13 Semarang, bahan ajar yang digunakan pada saat proses pembelajaran berupa buku paket pegangan siswa dan Power Point Slide yang menyajikan beberapa pemahaman tentang fakta/konsep/teori yang menjadi dasar dalam pembelajaran sains. Namun, hal-hal yang perlu diperhatikan dan dikembangkan adalah bahan ajar yang dapat menyajikan gambaran tentang isu-isu atau fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar/kehidupan sehari-hari secara ilmiah sehingga dapat menjadi penunjang di dalam proses pembelajaran. Siswa tidak hanya memahami isi materi saja, tetapi dapat mengenali dan menganalisis terjadinya suatu fenomena alam dengan menafsirkan data atau bukti secara ilmiah melalui penyelidikan. Selain itu, kurangnya antusias siswa terhadap bahan ajar tersebut. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka disusunlah bahan ajar berbentuk booklet. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik, validitas dan estimasi kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) model ADD-E. Ada empat tahap prosedur penelitian yang dilakukan yaitu Analysis, Design, Development, dan Evaluation. Karakteristik Booklet Lapisan Bumi yang dikembangkan telah memenuhi perbandingan muatan kategori literasi sains, yaitu 47.06% sains sebagai bagian dari pengetahuan, 17.65% sains sebagai cara berpikir, 17.65% sains sebagai proses penyelidikan, dan 17.65% interaksi antara sains, teknologi, dan masyarakat. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa Booklet Lapisan Bumi berbasis literasi sains Sangat Valid dan memenuhi standar kelayakan buku teks menurut BSNP 2014 sehingga booklet tersebut layak digunakan sebagai bahan ajar dengan persentase oleh ahli media sebesar 85.00% dan 99.00% serta ahli materi sebesar 86.90% dan 95.00%. Tanggapan guru terhadap bahan ajar yang dikembangkan memperoleh kriteria Sangat Baik dengan persentase 91.25% dan 90.00%. Siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap kepraktisan Booklet Lapisan Bumi, dari 32 siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 84.96% dengan kriteria Sangat Baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Literasi Sains, Materi Lapisan Bumi
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Jul 2022 03:48
Last Modified: 08 Jul 2022 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50100

Actions (login required)

View Item View Item