PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN (Studi Pada Konsumen Matahari Department Store Java SuperMall Semarang)


Ana Waripatul Khasanah, 7311416015 (2021) PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN (Studi Pada Konsumen Matahari Department Store Java SuperMall Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311416015 - Ana Waripatul Khasanah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh store atmosphere dan kualitas layanan terhadap loyalitas melalui kepuasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah store atmosphere dan kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas, serta untuk mengetahui apakah kepuasan mampu memediasi store atmosphere dan kualitas layanan terhadap loyalitas. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 116 responden dengan teknik incidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, kuesioner, dan studi literatur. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji asumsi klasik dan path analysis dengan menggunakan program SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa store atmosphere dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas dengan nilai signifikansi < 0.05. Analisis deskriptf pada variabel store atmosphere, kualitas layanan, kepuasan serta loyalitas menunjukkan nilai analisis deskriptif dengan kategori baik. Dan pada variabel kepuasan memiliki satu indikator yang berkategori sangat baik, yaitu indikator pengalaman masa lalu. Sedangkan uji path analysis menunjukkan bahwa kepuasan mampu memediasi hubungan antara store atmosphere dan kualitas layanan terhadap loyalitas. Simpulan dari penelitian ini adalah variabel bebas yaitu store atmosphere dan kualitas layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas. Selan itu, kepuasan mampu memediasi pengaruh dari store atmosphere dan kualitas layanan terhadap loyalitas. Saran bagi perusahaan agar terus meningkatkan kualitas dari store atmosphere dengan terus memperhatikan kualitas dari suara (musik) dalam gerai dan kualitas layanan yang diberikan, seperti mengadakan evaluasi terhadap layanan yang diberikan kepada konsumen. Sehingga konsumen menjadi loyal terhadap perusahaan. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk dapat mengembangkan penelitian terkait loyalitas dengan menggunakan variabel dan metode yang berbeda, dan juga diharapkan untuk memilih objek penelitian yang berbeda agar semakin memperluas cakupan penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Store Atmosphere, Kualitas Layanan, Kepuasan, Loyalitas
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Socio-economic
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Jul 2022 03:30
Last Modified: 08 Jul 2022 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50097

Actions (login required)

View Item View Item