PENGARUH PEMBERIAN FRUITABLE CARD UNTUK MENINGKATKAN KONSUMSI SAYUR DAN BUAH ANAK USIA PRASEKOLAH (Studi Kasus di Paud/ TK Sapta Prasetya Kota Semarang)


Nitasari, 6411414047 (2021) PENGARUH PEMBERIAN FRUITABLE CARD UNTUK MENINGKATKAN KONSUMSI SAYUR DAN BUAH ANAK USIA PRASEKOLAH (Studi Kasus di Paud/ TK Sapta Prasetya Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6411414047 - Nitasari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Survei Konsumsi Makanan Individu provinsi Jawa Tengah tahun 2014, rerata konsumsi sayur umur 5-12 tahun hanya sebanyak 14,16% konsumsi buah sebanyak 17,8%. Berdasarkan data hasil studi pendahuluan rata-rata konsumsi buah dan sayur anak usia prasekolah di PAUD/TK Sapta Prasetya Kota Semarang masih sangat rendah yaitu konsumsi sayur hanya mencapai 36,6 % dan buah hanya 29,3 % dari angka kecukupan konsumsi sayur dan buah menurut PGS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemberian Fruitable Card untuk meningkatkan konsumsi sayur dan buah anak usia prasekolah di PAUD/TK Sapta Prasetya Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Research and Development, pendekatan Pretest-Posttest One Group Design. Sampel yang ditetapkan sebesar 35 responden dengan teknik total sampling. Analisis data univariat dan bivariat dengan uji Shapiro-wilk dan uji Wilcoxon rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan bermakna antara nilai pre-test dan post-test konsumsi sayur pada responden nilai p=0,000 (p<0,05) dan nilai p=0,000 (p<0,05) pada konsumsi buah yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna pada pre-test dan post-test. Saran penelitian ini adalah untuk memanfaatkan media pembelajaran dengan menyesuaikan tujuan dan metode yang tepat pada pembelajaran sehingga dapat meningkatkan konsumsi sayur dan buah anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konsumsi Sayur Buah, Prasekolah, Media Edukasi Gizi
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Jul 2022 03:11
Last Modified: 08 Jul 2022 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50094

Actions (login required)

View Item View Item