KAJIAN FILOLOGI SERAT TAHJUL KAMARI DALAM BENDHEL SERAT MALJUNAH


Mia Miftakhul Jannah, 2611417021 (2021) KAJIAN FILOLOGI SERAT TAHJUL KAMARI DALAM BENDHEL SERAT MALJUNAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2611417021 - Mia Miftakhul Jannah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Naskah Serat Tahjul Kamari dalam Bendhel Serat Maljunah merupakan salah satu karya sastra berbentuk prosa atau gancaran. Naskah STKDBSM disimpan di Perpustakaan Reksopustoko Mangkunagaran Surakarta dengan kode naskah MN 591.3 A 34, naskah ini tidak ada nama pengarang dan tidak ada keterangan tanggal pembuatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode edisi standar dikarenakan naskah ini termasuk naskah tunggal. Teks STKDBSM diterjemahkan menggunakan metode terjemahan bebas, agar pembaca mudah memahami isi teks. Hasil dari penelitian ini adalah suntingan teks dan terjemahan yang sesuai dengan kaidah kerja filologi. Isi dari naskah STKDBSM yakni menjelaskan tentang ramalan hari baik dan buruk manusia, mulai dari tanggal satu hingga tanggal ketiga puluh, disetiap tanggal dijelaskan mengapa dikatakan hari baik atau buruk serta dikaitkan dengan kejadian-kejadian pada masa terdahulu. Selain itu juga menjelaskan tentang kapan waktu terbaik melakukan bercocok tanam. Teks STKDBSM disajikan secara sahih sesuai dengan kaidah kerja filologi beserta terjemahan menggunkan bahasa Indonesia, diharapkan ada penelitian lanjutan dengan kajian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Filologi, Naskah Jawa, Serat Tahjul Kamari
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Jul 2022 02:39
Last Modified: 08 Jul 2022 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50090

Actions (login required)

View Item View Item