STRUKTUR DALAM SYI’IR SEKAR MELATI


Nurul Maslakhah, 2611414009 (2021) STRUKTUR DALAM SYI’IR SEKAR MELATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2611414009 - Nurul Maslakhah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Syi‟ir Sekar Melati merupakan salah satu karya sastra berbentuk puisi Jawa klasik yang berisi tentang sakaratul maut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis struktur pembangun puisi baik struktur fisik maupun struktur batin dalam Syi‟ir Sekar Melati. Analisis dilakukan dengan menggunakan teori strukturalisme versi Jan Van Luxemburg, Mieke Bal, dan Willem G. Weststeijn. Teori ini terbagi menjadi tiga aspek, yaitu aspek tematik, aspek pola-pola makna, dan aspek formal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian pada aspek tematik meliputi juru bicara, yaitu seorang kiai yang sering menulis teks-teks Syi‟ir dan ditujukan untuk pengajaran khususnya para santri. Pendengar adalah para santri dan semua orang yang membaca teks Syi‟ir Sekar Melati. Aspek waktu adalah waktu penulisan teks Syi‟ir Sekar Melati yaitu tepat di hari Jumat Legi, 23 Agustus 1940. Aspek ruang yang digunakan sebagai latar dalam Syi‟ir Sekar Melati adalah pondok pesantren tradisional yaitu tempat dimana Syi‟ir ini dibuat. Pengembangan tema yang terdapat dalam Syi‟ir Sekar Melati mengacu pada tema utama yaitu sakaratul maut. Aspek pola-pola makna yang ditemukan di dalam teks Syi‟ir Sekar Melati meliputi bahasa kiasan yaitu majas metafora, personifikasi, dan sinekdoke. Pengungkapan tidak langsung dalam Syi‟ir Sekar Melati meliputi penggunaan istilah kata yang tidak sebenarnya yang terdapat pada Syi‟ir ini. Aspek formal yang ditemukan dalam Syi‟ir Sekar Melati meliputi metrum dan rima. Metrum yang digunakan yaitu bahar kamil dan rima yang mendominasi adalah rima akhir. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya tentang karya sastra Jawa klasik yang berbentuk Syi‟ir, serta dapat menjadi pembelajaran bagi pembaca untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strukturalisme, Syi‟ir Sekar Melati
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Jul 2022 02:14
Last Modified: 08 Jul 2022 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50086

Actions (login required)

View Item View Item