NASKAH ADJI’S (SENTOLO) : KAJIAN FILOLOGI


Retno Tri Astuti, 2611416009 (2022) NASKAH ADJI’S (SENTOLO) : KAJIAN FILOLOGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2611416009 - Retno Tri Astuti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Naskah Adji’s (Sentolo) (AS) merupakan salah satu naskah kategori primbon yang berisi mantra ruwatan beserta ramalan jika terjadi gempa atau gerhana. Teks AS diteliti karena belum ada yang menyajikan teks sesuai dengan kaidah filologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan suntingan dan terjemahan teks AS yang sesuai menurut kaidah filologi. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah teks Adji’s (Sentolo). Sumber datanya adalah naskah Adji’s (Sentolo) dengan kode pada katalog SK 165 yang tersimpan di Perpustakaan Museum Negeri Sonobudoyo Unit II, Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian filologi dengan metode penyuntingan naskah tunggal edisi standar serta metode terjemahan bebas agar mudah dipahami oleh pembaca. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa suntingan teks yang sahih menurut kaidah filologi dan terjemahan teks dalam bahasa Indonesia. Mantra�mantra yang terdapat pada teks AS terbagi menjadi dua bagian. Pada bagian pertama terdapat mantra seperti aji gumbala geni, tunjung kuning, tulak tanggul, caraka balik, dunga srabat, serta ramalan jika terjadi gempa dan gerhana. Pada bagian kedua terdapat mantra penawar aji seperti jaramaya atau caraka balik, tulak tanggul, perbedaannya terletak pada lafal mantra yang digunakan. Berdasarkan penelitian terhadap naskah AS yang telah dilakukan secara filologi, pada penelitian ini diperoleh hasil suntingan dan terjemahan teks serta memuat informasi tentang berbagai macam mantra yang digunakan untuk ruwatan. Maka besar harapan penelitian ini dapat dilanjutkan dan menjadi rujukan pada bidang ilmu yang lain, seperti ilmu linguistik khususnya pada ilmu stilistika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Filologi, Adji’s (Sentolo), Suntingan Teks, Terjemahan Teks
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Jul 2022 02:07
Last Modified: 08 Jul 2022 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50085

Actions (login required)

View Item View Item