POLA DAN PELAKSANAAN PEMBINAAN ANAK ASUH PANTI ASUHAN KYAI AGENG PANDANARAN


Lilik Rosita Sari, 1201417029 (2021) POLA DAN PELAKSANAAN PEMBINAAN ANAK ASUH PANTI ASUHAN KYAI AGENG PANDANARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201417029_File Skripsi Lengkap - Lilik Rosita.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan banyaknya anak terlantar yang mengalami disfungsi sosial dan tidak tercukupi kebutuhan hidupnya akibat kemiskinan. Oleh karena itu perlu adanya pola pembinaan yang tepat melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Panti Asuhan Pola pembinaan merupakan salah satu langkah untuk mencapai tujuan yaitu perbaikan kondisi anak sesuai dengan latar belakang anak asuh. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan pola, pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat serta manfaat pola pembinaan anak asuh Panti Asuhan Kyai Ageng Pandanaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif adapun subjek penelitiannya yaitu pengelola, pengasuh dan juga anak asuh. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara triagulasi sumber: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pola Pembinaan anak asuh berjalan dengan baik dan terstruktur mulai dari proes kegiatan, materi, metode, media, fasilitator, sarana prasarana, dan evaluasi. Pola pembinaan di panti asuhan dilaksanakan secara rutin dan tidak rutin setiap enam bulan sekali sesuai dengan kebutuhan melalui kegiatan pembinaan kepribadian, sosial, mental, agama, keterampilan dan akademik. Dalam pola pembinaan terdapat tiga tahapan yaitu tahap pertama, lanjut dan akhir. Jenis pola pembinaan yang diterapkan di Panti Asuhan Kyai Ageng Pandanran antara lain pola pembinaan otoiter, permisif dan juga demokratis. Faktor pendukung pelaksanaan pola pembinaan yaitu hubungan sosial yang dekat anatara anak asuh dengan pengasuh, sarana prasarana, kerjasama, dan lain-lain sedangkan faktor penghambatnya adalah jumlah pengasuh yang kurang, anak dengan latar belakang berbeda, kurangnya pendanaan dan lain-lain. Dengan adanya pembinaan anak asuh memperoleh manfaat dari kepribadian, sosial, agama, keterampilan dan akademik sehingga kehidupannya menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola pembinaan anak asuh di panti asuhan kyai ageng pandanaran berjalan dengan baik sesuai dengan tahapan dan latar belakang masing-masing anak asuh. Saran dalam penelitian ini yaitu terdapat penambahan jumlah pengasuh dan saraa prasarana berupa kemajuan teknologi agar kegiatan pembinaan berjalan dengan optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola dan Pelaksanaan Pembinaan, Anak Asuh, Panti Asuhan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 07 Jul 2022 04:46
Last Modified: 07 Jul 2022 04:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50083

Actions (login required)

View Item View Item