ANALISA PERILAKU STRUKTUR KOLOM BANGUNAN GEDUNG 3 LANTAI TANPA DAN DENGAN DINDING TERKEKANG AKIBAT GELOMBANG BEBAN LEDAKAN SETEMPAT


Nisa Haniy Kamilah, 5111417082 (2021) ANALISA PERILAKU STRUKTUR KOLOM BANGUNAN GEDUNG 3 LANTAI TANPA DAN DENGAN DINDING TERKEKANG AKIBAT GELOMBANG BEBAN LEDAKAN SETEMPAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5111417082 - Hany Kamilah.pdf] PDF - Published Version
Download (5MB)

Abstract

Pembangunan di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Dalam proses desai struktur bangunan, aspek – aspk pembebanan seperti beban mati, beban hidup, beban beban gempa, beban angina, serta beban ledakan sangatlah penting. Akan tetapi, struktur bangunan dengan perencanaan beban ledakan masih cukup jarang diperhitungkan, padahal beban ledakan mengakibatkan dampak yang cukup fatal bagi kerusakan konstruksi bangunan. Meningkatnya ancaman bom dari material berdaya ledak tinggi seperti TNT yang cukup banyak di Indonesia menjadi ancaman nyata bagi masyarakat. Dalam fenomena ledakan tersebut, dapat terjadi korban jiwa dan cedera pada penghuninya dari keruntuhan struktural. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis terhadap pengaruh beban ledakan pada gedung dengan tujuan untuk menganalisis kondisi respon struktur akibat ledakan. Model struktur bangunan adalah gedung 3 lantai dengan ketinggian lantai 4 meter. Bobot beban ledakan sebesar 500 kg TNT yang diaplikasikan pada model struktur gedung yang kemudian diubah menjadi beban statis pada jarak 10 m dari sumber ledakan. Untuk menentukan parameter beban ledakan perlu dihitung dengan menggunakan Teorema Pythagoras berdasarkan TM 5-1300-1990 dengan bantuan software Microsoft excel dan analisis dilakukan vii menggunakansoftware SAP2000. Hasil analisis berupa gaya momen yang membandingkan antara struktur gedung tanpa dinding terkekang dan struktur gedung dengan dinding terkekang. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa kondisi pada model struktur tanpa dinding terkekang tidak cukup kuat untuk menerima beban ledakan sehingga terjadi keruntuhan kolom dan struktur dengan dinding terkekang dianggap cukup kuat dan masih dapat menerima beban ledakan sebesar 500 Kg TNT.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ledakan, SAP2000, beban ledakan, kolom, dinding terkekang
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Jul 2022 08:33
Last Modified: 06 Jul 2022 08:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50079

Actions (login required)

View Item View Item