PENGEMBANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC BERBASIS MASALAH PADA TEMA PEMANASAN GLOBAL UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA SMP
Widiyastuti Jaya Rani, 4001416009 (2021) PENGEMBANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC BERBASIS MASALAH PADA TEMA PEMANASAN GLOBAL UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir tingkat tinggi menjadi bagian penting diabad ke-21 karena menuntut agar seoarang guru mampu menumbuhkan kemampuan berpikir siswa. Selain itu, tuntutan keterampilan khusus yang perlu diberdayakan dalam kegiatan belajar yang harus dimiliki adalah kemampuan kolaborasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa SMP N 38 Semarang masih perlu dikembangkan untuk menghantarkan peserta didik memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan kolaborasi . Berdasarkan informasi tersebut maka diperlukan adanya strategi pembelajaran berupa madia yang sesuai. Media video motion graphic berbasis masalah merupakan salah satu media yang dikembangkan untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan kolaborasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis kelayakan dan karakteristik video motion graphic berbasis masalah tema pemanasan global yang dikembangkan, (2) Menganalisis profil keterampilan berpikir ingkat tinggi setelah menggunakan video motion graphic berbasis masalah tema pemanasan global dan, (3) Menganalisis profil kemampuan kolaborasi setelah menggunakan video motion graphic berbasis masalah tema pemanasan global. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analize, Design, Development, Implement, Evaluation. Kemudian video motion graphic berbasis masalah yang sudah melalui tahap design selanjutnya masuk pada tahap penyusunan. Setelah produk jadi, maka tahap selanjutnya yaitu diuji kelayakannya oleh ahli media dan ahli materi. Hasil analisis kelayakan media sebelum diujicobakan adalah sangat layak dengan hasil rata-rata persentase sebesar 95.8% dari hasil ahli media dan 92,6% dari hasil validasi ahli materi. Karakteristik video motion graphic yaitu (1) merupakan media animasi dua dimensi, (2) video motion graphic yang dikembangkan disusun berdasarkan karakteristik pembelajaran berbasis masalah, (3) memuat latihan soal yang dipadukan dengan motion graphic yang dapat melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik, (4) terdapat kegiatan diskusi yang dapat melatih kemampuan kolaborasi , (5) dapat digunakan digunakan kapan saja dan dimana saja. Hasil analisis soal keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik mendapatkan persentase sebesar 68% dengan katagori baik. Hasil analisis diskusi kemampuan kolaborasi mendapatkan persentase sebesar diatas 62,5% dengan kategori sangat baik dan kategori baik
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Motion Graphic berbasis masalah, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Kemampuan Kolaborasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 07:50 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 07:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50077 |
Actions (login required)
View Item |