STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER BAND DI SMK NEGERI H MOENADI (SPMA) UNGARAN


Diatri Aprilia, 2501416161 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER BAND DI SMK NEGERI H MOENADI (SPMA) UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501416161 - diatri aprilia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu ekstrakurikuler yang dimilikki oleh SMKN H Moenadi Ungaran yang merupakan sekolah kejuruan teknik pertanian yaitu esktrakurikuler band. Sejak tahun 2014 diadakan ekstrakurikuler band, kegiatan tersebut tetap banyak diminati oleh para siswa sampai sekarang dan menjadi akestrakurikuler yang favorit, tidak hanya itu ekstrakurikuler band juga dapat menghasilkan prestasi yang membanggakan untuk sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis strategi yang digunakan pelatih dalam pembelajaran ekstrakurikuler band di SMK N H Moenadi Ungaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumen. Triangulasi dilakukan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh sebelum dianalisis dengan menggunakan tahapan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakkan pada ekstrakurikuler band di SMKN H Moenadi Ungaran dilaksanakan dengan 3 tahap pembelajaran yaitu: (1) Perencanaan, yaitu persiapan yang dilakukan sebelum dilangsungkanya rangkaian kegiatan. Terdapat beberapa kegia tan didalam strategi perencanaan berupa strategi jadwal latihan band, strategi pemilihan materi lagu, dan strategi pengelompokkan peserta didik; (2) Pelaksanaan, merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan setelah dilakukanya tahap perencanaan, di dalamnya terdapat kegiatan berupa pendahuluan yang dilakukan pada pembukaan setiap pertemuan kegiatan ekstrakurikuler band, selanjutnya kegiatan inti yang meliputi kegiatan mencermati materi lagu, memainkan materi lagu, memantapkan materi lagu dan penutup yang dilakukan pada setiap akan berakhirnya pertemuan kegiatan ekstrakurikuler band, dalam penutupan pelatih akan memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya dan beberapa masukan juga motivasi untuk para siswa agar tetap semangat dalam berlatih; (3) Evaluasi, adalah tahap penilaian yang dilakukan oleh pelatih untuk menilai kemampuan dari para siswa yang mengikuti ekstrakurikuler band, penilaian tersebut mencakup teknik permainan, penguasaan materi, penataan sound, dan penampilan,. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat memberi saran untuk pelatih agar dapat memberikan juga pembelajaran teori bagi peserta yang telah lama mengikuti ekstrakurikuler band, hal ini dimaksudkan agar peserta senior dapat lebih mendalami teori musik, tidak hanya bermain alat musik band saja namun bisa memainkan musik lainya dengan pembelajaran teori yang didaptkan oleh para siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Strategi, Ekstrakurikuler, Band.
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:30
Last Modified: 06 Jul 2022 07:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50076

Actions (login required)

View Item View Item