ANALISIS INTENSITAS PENERANGAN DI LABORATORIUM SMK NEGERI 1 BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL DENGAN SOFTWARE CALCULUX INDOOR 5.0


Dwi Fuji Zugiyanto, 5301416011 (2021) ANALISIS INTENSITAS PENERANGAN DI LABORATORIUM SMK NEGERI 1 BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL DENGAN SOFTWARE CALCULUX INDOOR 5.0. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301416011 - Dwi Fuji Zugiyanto.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pencahayaan atau penerangan merupakan salah satu komponen agar pekerja dapat bekerja atau mengamati benda yang sedang dikerjakan secara jelas, cepat, nyaman dan aman. Cahaya yang bersifat alami dari sinar matahari terkadang tidak cukup efektif dalam menerangi ruangan tertentu, sehingga dibutuhkan adanya sumber cahaya buatan lain dalam memberikan penerangan pada ruangan tersebut. Pencahayaan pada suatu ruangan jika dilihat dari kualitas adalah berupa kuat penerangan atau tingkat iluminasi yang dibutuhkan dimana untuk jenis kegiatan yang berbeda akan memerlukan tingkat iluminasi yang berbeda pula. Berdasarkan kondisi saat ini, sistem penerangan pada laboratorium di SMK N 1 Bumijawa belum mencapai standar intensitas yang dianjurkan oleh SNI 16-7062-2004 yaitu sebesar 500 lux. Untuk mencapai standar, intensitas penerangan di masing-masing laboratorium perlu dilakukan desain ulang dengan menghitung ulang secara manual menggunakan rumus dan standar yang sesuai dengan SNI. Setelah mendapatkan hasil perhitungan secara manual, hasil perhitungan kemudian di simulasikan dalam sebuah software Calculux Indoor 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas penerangan dan merancang sistem penerangan di laboratorium SMK N 1 Bumijawa agar sesuai dengan SNI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penerangan masing-masing laboratorium di SMK N 1 Bumijawa belum memenuhi standar SNI yaitu 500 lux untuk sebuah laboratorium, sehingga perlu dilakukan penambahan jumlah lampu yang berlumen tinggi dengan daya lampu yang lebih besar serta perubahan pada posisi atau letak sesuai koordinat hasil simulasi software Calculux Indoor 5.0.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Intensitas Penerangan, Calculux Indoor 5.0, Laboratorium, SNI
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:19
Last Modified: 06 Jul 2022 07:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50075

Actions (login required)

View Item View Item