PENINGKATAN KAPASITAS PESAN DAN KUALITAS CITRA STEGO IMAGE DALAM TEKNIK STEGANOGRAFI MENGGUNAKAN MODIFIED BINARY ADDITION PADA CITRA RGB IMAGE


Adi Irwanto, 4611416007 (2021) PENINGKATAN KAPASITAS PESAN DAN KUALITAS CITRA STEGO IMAGE DALAM TEKNIK STEGANOGRAFI MENGGUNAKAN MODIFIED BINARY ADDITION PADA CITRA RGB IMAGE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4611416007 - Adi Irwanto.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Steganografi adalah praktik menyembunyikan informasi dalam kode yang membentuk file digital dan mencegah orang yang tidak diinginkan mengetahui keberadaan informasi tersembunyi. Metode steganografi yang paling sederhana adalah metode Least Significant Bit (LSB). Metode ini menggunakan bit terakhir dari nilai pixel untuk menyisipkan pesan. Karena kesederhanaannya, metode ini memiliki kelemahan, diantaranya mudah terdeteksi dan tidak tahan terhadap serangan. Dengan adanya kelemahan tersebut, maka muncul berbagai metode modified LSB untuk memperbaiki metode standard LSB. Salah satu jenis modified LSB adalah dengan menggunakan binary addition. Namun metode ini juga memiliki kelemahan yaitu perubahan nilai pixel pada cover image lebih besar daripada menggunakan standard LSB. Oleh karena itu, perlu adanya beberapa modifikasi pada proses binary addition untuk mengurangi selisih perubahan nilai pixel dan meningkatkan kualitas stego image. Pertama untuk meningkatkan kualitas hasil stego image yaitu dengan melakukan modifikasi terhadap bucket class yang digunakan pada binary addition. Bucket class ini dimodifikasi supaya setiap class memiliki banyak anggota yang sama, sehingga perubahan maksimal nilai piksel dapat dikurangi. Kedua, untuk meningkatkan kapasitas cover image dapat dilakukan dengan mengganti grayscale image dengan RGB image yang memiliki nilai pixel lebih banyak. Ketiga, untuk meningkatkan keamanan informasi yang disisipkan pada cover image dapat dilakukan dengan menambahkan kunci pada saat proses penyisipan dan ekstraksi pesan. Pada penelitian ini, proses penyisipan pesan dilakukan dengan menggunakan metode standard LSB, metode binary addition dan metode modified binary addition. Kemudian dihitung nilai SSIM, MSE, dan PSNR dari setiap hasil pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode modified binary addition memiliki kualitas yang lebih baik daripada metode binary addition. Hasil pengujian menunjukkan bahwa metode binary addition menghasilkan rata�rata nilai SSIM, MSE, dan PSNR masing-masing sebesar 0.971743, 9.711678, dan 38.26588. Sedangkan modified binary addition menghasilkan nilai 0.993287, 2.112745, dan 44.88844 pada persentase penggunaan kapasitas pesan 100%. Nilai PSNR yang lebih besar dari 40 dB menunjukkan bahwa kualitasnya cukup baik. Hal ini menunjukkan bahwa metode LSB with modified binary addition sangat direkomendasikan untuk digunakan jika akan menambah kapasitas pesan dari metode standard LSB tetapi tetap mempertahankan kualitas dari stego image yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Steganografi, Least Significant Bit, Binary Addition, Modified Binary Addition.
Subjects: T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:05
Last Modified: 06 Jul 2022 07:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50074

Actions (login required)

View Item View Item