EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB YKPC GBKP ALPHA OMEGA


Julianus Bukit, 6101416110 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB YKPC GBKP ALPHA OMEGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101416110 - Julianus Bukit.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang:(1) Pendidikan jasmani merupakan bagian pendidikan yang mempengaruhi potensi peserta didik dalam hal kognitif, afektif , dan psikomotor yang tidak terpisahkan dari pendidikan pada umumnya. (2) Motorik kasar merupakan kemampuan yang berhubungan dengan gerakan otot-otot besar dalam melakukan pengendalian gerakan tubuh melalui kemampuan lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif. (3) Permainan gobak sodor dapat mengembangkan motorik kasar anak. Rumusan masalah : (1) Adakah pengaruh permainan tradisional gobak sodor terhadap kecepatan? (2) pengaruh permainan tradisional gobak sodor terhadap kelincahan? (3) pengaruh permainan tradisional gobak sodor terhadap kecepatan reaksi?. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan desain penelitian “pre�test dan post-test group”. Siswa Tunagrahita SLB Alfa Omega, Populasi sebanyak 16 orang, sampel berjumlah 16 orang dengan teknik purposive sample. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu permainan tradisional gobak sodor serta variabel terikat yaitu kemampuan motorik kasar siswa tunagrahta ringan. Analisis data dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Ada pengaruh permainan tradisional gobak sodor tehadap kecepatan (lari 50 meter) melalui data pre-test memiliki rata-rata 10,17 dan data post�test memiliki rata-rata 9,06. Dengan menggunakan uji paired sampel t-test diproleh nilai sig 2 tailed sebesar 005. (2) Ada pengaruh permainan tradisional gobak sodor tehadap kelincahan (Shuttel run) melalui data pre-test memiliki rata-rata 17,72 dan data post-test memiliki rata-rata 17,00. Dengan menggunakan uji paired sampel t-test diproleh nilai sig 2 tailed sebesar 015. (3) Ada pengaruh permainan tradisional gobak sodor tehadap kecepatan reaksi (alat penggaris uji jatuhkan) ) melalui data pre-test memiliki rata-rata 32 cm dan data post-test memiliki rata-rata 24 cm dengan menggunakan uji paired sampel t-test diproleh nilai sig 2 tailed sebesar 044. (4) Hasil data yang diperoleh Kelompok eksperimen lebih baik dibanding dengan kelompok kontrol. Saran peneliti adalah : bagi guru diharapkan memberikan media pembelajaran yang sederhana dan menarik kepada siswa tunagrahita ringan agar siswa tersebut mampu mengikuti dan meningkatkan motorik kasarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motorik Kasar,Tunagrahita Ringan, Permainan Tradisional Gobak Sodor
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Jul 2022 06:47
Last Modified: 06 Jul 2022 06:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50073

Actions (login required)

View Item View Item