PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET PENARATA BERBANTUAN PERMAINAN EDUKATIF KOMANDO GERAK UNTUK SISWA KELAS 1 PADA MUATAN SBdP SDN MUNTUNG TEMANGGUNG


Indra Aria Bima, 1401416261 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET PENARATA BERBANTUAN PERMAINAN EDUKATIF KOMANDO GERAK UNTUK SISWA KELAS 1 PADA MUATAN SBdP SDN MUNTUNG TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 140141626_ - Indra Bima.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan data dokumen berupa hasil belajar siswa kelas I SDN Muntung Temanggung didapat bahwa hasil belajar ranah psikomotorik muatan SBdP kurang maksimal. Hal ini dikarenakan media yang digunakan oleh guru belum optimal, serta media pembelajaran yang digunakan kurang menarik dan inovatif yang menjadikan siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar pada ranah psikomotorik menjadi rendah. Sehingga perlu dikembangkan media pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif yaitu media booklet Penarata berbantuan permainan edukatif komando gerak pada muatan SBdP seni tari.Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan dan menguji kelayakan media booklet Penarata berbantuan permainan edukatif komando gerak pada muatan SBdP seni tari materi anggota gerak tubuh. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah Borg&Gall dalam Sugiyono dengan beberapa tahapan meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk dan revisi desain produk. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media booklet dikembangkan dengan disesuaikan materi SBdP Seni tari kelas 1 dan berbantuan permainan edukatif komando (2) media booklet Penarata layak digunakan sebagai media pembelajaran, berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh presentase sebesar 95% dengan kategori sangat layak dan validasi ahli materi dengan presentase sebesar 95% dengan kategori sangat layak. Simpulan penelitian ini adalah media booklet Penarata berbantuan permainan edukatif komando gerak layak digunakan sebagai media pembelajaran pada muatan SBdP seni tari dengan materi gerak anggota tubuh. Saran dalam penelitian ini untuk guru sebaiknya mengoptimalkan dan mengembangkan media pembelajaran yang lebih bervariatif untuk menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: booklet ,permainan komando gerak , seni tari
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:30
Last Modified: 06 Jul 2022 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50067

Actions (login required)

View Item View Item