QASAM DALAM AL-QUR’AN (ANALISIS SINTAKSIS)


Akhmad Ridlo, 2303415038 (2021) QASAM DALAM AL-QUR’AN (ANALISIS SINTAKSIS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2303415038 - Akhmad Ridlo.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Qasam (sumpah) merupakan kalimat dalam tradisi arab yang digunakan untuk menguatkan informasi/berita. Kalimat sumpah/jumlatul qasam harus memenuhi unsur-unsurnya. Setelah peneliti melakukan observasi awal terhadap qasam dalam Al-Qur’an, peneliti menemukan banyak dan beragam kalimat sumpah/jumlatul qasam berikut unsur-unsurnya yang menarik untuk diteliti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apa saja kalimat yang mengandung qasam dalam Al-Qur’an? (2) apa saja unsur-unsur qasam pada ayat qasam dalam Al-Qur’an? (3) bagaimana analisis sintaksis unsur-unsur qasam pada ayat qasam dalam Al-Qur’an? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian library research. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kartu data dan lembar rekapitulasi data. Analisis datanya menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini ditemukannya 58 data ayat qasam dalam Al-Qur’an. Berdasarkan unsur-unsurnya ditemukan unsur-unsur qasam yaitu muqsim(pelaku sumpah), muqsam bih(sesuatu yang dijadikan sumpah), adawatul qasam(piranti sumpah), dan muqsam ‘alaih(jawab qasam). Berdasarkan analisis sintaksisnya ditemukan 58 muqsim yang tidak disebutkan/ghoirul madzkur, ditemukannya muqsam bih berupa dzat-Nya Allah SWT dan Al-Qur’an sejumlah 29 data, muqsam bih berupa sebagian makhluk-Nya Allah sejumlah 23 data, muqsam bih yang tidak disebutkan sejumlah 6 data, ditemukan adawatul qasam berupa huruf qasam wau sejumlah 28 data,berupa huruf qasam ba’ sejumlah 21 data, berupa huruf qasam ta’ sejumlah 4 data, adawatul qasam yang tidak disebutkan sejumlah 5 data, ditemukannya muqsam ‘alaih berupa jumlah fi’liyyah sejumlah 25 data, berupa jumlah ismiyyah 28 data dan muqsam ‘alaih yang tidak disebutkan sejumlah 5 data.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Qasam (sumpah) merupakan kalimat dalam tradisi arab yang digunakan untuk menguatkan informasi/berita. Kalimat sumpah/jumlatul qasam harus memenuhi unsur-unsurnya. Setelah peneliti melakukan observasi awal terhadap qasam dalam Al-Qur’an, peneliti menemukan banyak dan beragam kalimat sumpah/jumlatul qasam berikut unsur-unsurnya yang menarik untuk diteliti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apa saja kalimat yang mengandung qasam dalam Al-Qur’an? (2) apa saja unsur-unsur qasam pada ayat qasam dalam Al-Qur’an? (3) bagaimana analisis sintaksis unsur-unsur qasam pada ayat qasam dalam Al-Qur’an? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian library research. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kartu data dan lembar rekapitulasi data. Analisis datanya menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini ditemukannya 58 data ayat qasam dalam Al-Qur’an. Berdasarkan unsur-unsurnya ditemukan unsur-unsur qasam yaitu muqsim(pelaku sumpah), muqsam bih(sesuatu yang dijadikan sumpah), adawatul qasam(piranti sumpah), dan muqsam ‘alaih(jawab qasam). Berdasarkan analisis sintaksisnya ditemukan 58 muqsim yang tidak disebutkan/ghoirul madzkur, ditemukannya muqsam bih berupa dzat-Nya Allah SWT dan Al-Qur’an sejumlah 29 data, muqsam bih berupa sebagian makhluk-Nya Allah sejumlah 23 data, muqsam bih yang tidak disebutkan sejumlah 6 data, ditemukan adawatul qasam berupa huruf qasam wau sejumlah 28 data,berupa huruf qasam ba’ sejumlah 21 data, berupa huruf qasam ta’ sejumlah 4 data, adawatul qasam yang tidak disebutkan sejumlah 5 data, ditemukannya muqsam ‘alaih berupa jumlah fi’liyyah sejumlah 25 data, berupa jumlah ismiyyah 28 data dan muqsam ‘alaih yang tidak disebutkan sejumlah 5 data.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:38
Last Modified: 06 Jul 2022 03:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50066

Actions (login required)

View Item View Item